TENTANG KUE KERING YANG DISENDOKKAN

Cara paling mudah membentuk kue kering adalah dengan menyendokkan adonan di atas loyang sesendok demi sesendok. Mari kita lihat segala hal tentang kue kering yang praktis ini.

Saji - - Tips -

KEISTIMEWAAN KUE KERING YANG DISENDOKKAN TIDAK MEMERLUKAN ALAT KHUSUS UNTUK MEMBENTUKNYA

Anda tidak perlu memiliki cookies cutter, tidak perlu juga mempunya pressed cookies. Cukup gunakan sendok makan untuk menghasilkan kukis yang agak besar atau gunakan sendok teh untuk menghasilkan kukis yang kecil.

SARAT ISI

Karena disendokkan, maka kita bisa menambahkan banyak isi ke dalam adonan sehingga kukis menjadi lebih kaya rasa.

TEKSTURNYA LEBIH RENYAH.

Kukis yang disendokkan cenderung melebar ketika dioven. Karena itu jadi lebih menipis. Akibatnya tekstur kue jadi lebih renyah.

PRAKTIS DIBUAT

Tak perlu memiliki keterampilan khusus untuk membuatnya. Selain itu karena tinggal disendokkan, pembuatannya bisa lebih cepat.

CIRI KUE KERING YANG DISENDOKKAN ADONANNYA LEMBEK. TIDAK BISA DIGILING, TIDAK BISA DIPULUNG. Karena itu dibentuk dengan cara disendokkan. ISINYA BISA BERAGAM Adonan yang disendokkan bisa diisi bahan-bahan yang berukuran relatif besar seperti kacang-kacangan,

fruit mix, cereal, dan atau choco chips. Tambahan bahan ini membuat kaya rasa dan menimbukan kejutan rasa ketika kita menyantapnya.

BENTUK YANG MENGGIURKAN

Karena tambahan bahan yang banyak, bentuk kukis jadi tidak beraturan. Isi yang melimpah ini akan segera menerbitkan air

liur ketika dilihat orang.

ADONAN KUE KERING YANG DISENDOKKAN

• Adonan kue kering yang disendokkan tidak menggunakan banyak tepung. Karena itu adonannya lembek. Jangan menambahkan tepung untuk membuat adonan jadi kalis. Ciri khas kue kering disendokkan justru terletak pada adonannya yang lembek.

• Adonan kue kering yang disendokkan dibuat dengan creamy method. Artinya margarin bersama gula dikocok sampai lembut lalu ditambahkan berbagai bahan lainnya. Ketika membuat kukis jenis ini, adonan boleh dikocok relatif lebih lama.

• Manfaatkan beragam bahan untuk ditambahkan di sini. Anda tak bisa menambahkan banyak bahan tambahan pada kukis yang dicetak maupun yang

dipulung. Apalagi kukis yang disemprit.

BAHAN YANG DITAMBAHKAN

Kue kering yang disendokkan bisa ditambahkan:

Kacang: selai kacang, kacang tanah tumbuk halus, kacang tanah, mede, atau almon cincang kasar. Juga wijen.

Ceral: havermut emping jagung, rice crispy, choco crunch

Cokelat: cokelat bubuk, cokelat masak (leleh atau dipotong-potong), permen cokelat, meises.

Bahan lain: keju, pisang, kelapa kering

CARA MENYENDOKKAN ADONAN:

Adonan dapat disendokkan menggunakan dua sendok makan atau dua sendok teh. Anda juga bisa menyendokkan dengan sendok es krim kecil sehingga bentuknya lebih rata dan sama besar.

Banyak orang ketika membentuk kue kering dengan sendok, berusaha membulatkan adonan dengan memindahkan adonan dari sendok yang satu ke sendok yang lain berulang-ulang. Cara ini memang membuat kuekering tampak rapi, tetapi isi kue kering jadi tidak terlihat.

Ukuran dan ketebalan kue menjadi penting dalam kue yang disendokkan. Kalau ingin menghasilkan kue yang tipis, tekan kue yang sudah disendokkan agar lebih lebar. Setelah dioven, kue akan lebih melebar.

Bila ingin kue yang tebal, sendokkan lebih menggunung. Sehingga ketika kue selesai dioven,

KUE MASIH TETAP TEBAL

Letakkan kue berjarak. Karena kue akan melebar setelah dioven, maka adonan jangan disendokkan terlalu rapat satu sama lain supaya kue tidak saling menempel saat dioven.

MENGHIAS KUE KERING

Kue kering yang disendokkan biasanya tidak banyak dihias karena isinya yang beragam itulah yang baiknya ditonjolkan ketika membuat kue kering ini. Tetapi kalau Anda tetap berniat menghiasnya, lakukan hal berikut:

• Mencoret kue kering dengan glasur/cokelat masak.

• Mencelup sebagian kue kering ke dalam cokelat. Jangan lakukan sepenuh kue supaya isi kue tetap terlihat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.