Harga Jual

Saji - - Panduan Usaha -

Menentukan harga jual untuk jenis usaha ini bergantung pada beberapa hal. Pertama, tergantung pada harga pasaran. Harga pasarannya soto bisa variatif, sekitar 12 ribu sampai 25 ribu rupiah. Nah, Anda sudah bisa memprediksi untuk menjual produk yang sama di sekitar harga tersebut.

Kedua, bergantung pada target pembeli. Kalau menjual soto lamongan di lingkungan sekolah, kampus, atau pabrik tentu harganya sekitar Rp10 ribu sampai 12 ribu rupiah.

Ketiga, bergantung pada letak lokasi dan bentuk usaha. Skala warung harganya lebih rendah daripada restoran. Jika lokasinya tidak tinggi harga sewanya, mungkin bisa menjual di harga pasaran. Tapi untuk menu soto yang dijual di restoran bisa dijual dengan harga lebih dari 20 ribu per porsinya.

Baiknya survei terlebih dahulu sebelum menentukan harga jual.

Perhitungan modal di atas masih bisa disesuaikan jika modal tak cukup. Ada beberapa biaya yang bisa disiasati. Misal, meniadakan uang sewa dengan membuka usaha di rumah atau kenalan Anda yang bersedia dengan sistem bagi hasil.

Untuk peralatan Anda bisa gunakan dengan yang Anda miliki dahulu. Setelah mendapatkan untung, baru pelan-pelan diganti dengan yang lebih baru dan seragam. Jika semua kebutuhan usaha bisa diminimalisasi, maka kebutuhan modalnya akan lebih kecil.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.