PELESIR

SEJUTA KENIKMATAN DARI BALIGE

Saji - - Halaman Depan - TEKS & FOTO TARWIYAH AR. • VISUAL BAYU P.

Namanya, RM Nauli. Letaknya di depan pelabuhan. Sepintas mirip rumah makan padang yang memajang makanannya didalam buffet. Namun hidangan yang disajikan adalah aneka makanan khas Balige seperti naniura, arsik ikan mas, rendang kerbau, sup kerbau, ikan panggang mujair, dan ikan lele. RM Nauli juga menyediakan aneka sayur yang dimasak di dalam santan.

Ketika tamu datang, maka semua makanan tersebut, dihidang di atas meja. Pembeli tinggal memilih jenis makanan yang disukai. Kemudian membayar sesuai jenis makanan yang disantap.

Naniura menjadi iconnya RM Nauli. Tapi sayangnya makanan yang disajikan mentah ini tidak selalu ada setiap hari.”Bila ada yang memesan, baru kami buatkan karena penyajiannya satu ekor,” tutur Sita Boru Siaahan, pemilik RM Nauli.

Jenis ikan yang digunakan untuk memasak naniura adalah ikan mas, ikan gurame, dan ikan ihan. ”Kalau khasnya ikan ihan, tapi sekarang ihan sudah langka. Biasanya tamu lebih senang ikan mas,” jelasnya.

Cara membuat naniura cukup rumit. Terutama saat melepaskan tulang-tulangnya. Setelah tulang dilepaskan pun, ikan masih harus digantung satu jam untuk meniriskan airnya. Saat kering, sebelum ikan dibumbui , ikan diberi perasaan 4 buah jeruk jungga. “Jeruk jungga ini lebih asam. Air jeruk inilah yang membuat daging ikan itu matang,”terang Sinta tentang jeruk jungga yang berbentuk seperti jeruk purut itu.

Bumbu yang digunakan adalah cabai rawit, bawang merah dan kunyit bakar, kemiri sangrai, andaliman, kecombrang, dan jahe. Khusus kecobrang direbus dahulu dan yang diambil hanya bagian dalam yang putih. Semua bumbu digiling halus lalu dilumuri pada badan ikan sambil ditekan-tekan agar bumbu meresap lalu ditaburkan kacang tanah. Sebelum disajikan, ikan berbalut bumbu ini didiamkan dahulu 1 jam untuk peresepan bumbu.

Menikmati naniura layaknya menikmati shasimi. Hanya saja ranya pedas karena pengaruh andaliman, juga segar karena pengaruh asam jeruk. Uniknya tidak ada sisa darah sedikit pun yang muncul ke permukaan. Saat menikmatinya, bumbu bisa dijadikan cocolan disamping sambal khusus naniura yang sudah disiapkan. Satu porsi ikan naniura yang terdiri dari satu ekor ikan mas dijual Rp100 ribu.

Datang ke rumah makan ini, baiknya mencari sup daging kerbau. Hidangan paling laris di rumah makan yang sudah 3 generasi ini. Termasuk makanan favorit Balige.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.