Jawaban:

Saji - - Konsultasi Ukm -

Dear Ibu Vonny, Anda ingin memasang neon sign atau papan nama di tempat usaha agar lebih banyak diketahui yang lewat di sekitarnya? Keputusan tepat! Apakah pemasangan reklame perlu izin? Tentu saja perlu. Anda harus mengurus izinnya terlebih dahulu sebelum memasang reklame tersebut. Pengurusan izinnya bisa dilakukan di kecamatan tempat usaha tersebut berdiri.

Tempat pengurusan pajak reklame dibagi menurut besar kecilnya reklame yang akan dipasang seperti dibawah ini : 1. Reklame dengan luas maksimal 6m2, pengurusan dilakukan di DISPENDA

kecamatan setempat. 2. Reklame dengan luas lebih besar dari 6m2 – 24m2, pengurusan dilakukan di

DISPENDA Kota Madya/Kabupaten setempat.

3. Reklame dengan luas antara 24m2 – 100m2, pengurusan dilakukan di DISPENDA tk Propinsi. Persyaratan Pengurusan Reklame antara lain adalah sebagai berikut 1. Pengisian Formulir Surat Pendaftaran Objek Pajak Daerah Pajak Reklame. 2. Foto terbaru rencana lokasi reklame. 3. Gambar design produk yang akan disajikan. 4. Fotokopi IMB bangunan atau gedung apabila reklame menempel diatas atau pada bangunan. 5. Surat kesepakatan dengan pemilik persil/bangunan atau bukti kepemilikan tanah persil. 6. Surat kuasa bermaterai bagi penerima kuasa untuk proses izin. 7. Fotokopi identitas diri pemohon (KTP, SIM, Paspor, dan sejenisnya).

Jika sudah mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk pengurusan neon sign atau reklame tersebut, Anda perlu mengetahui prosedur atau tahapan pengurusannya yaitu: 1. Melakukan pendaftaran objek pajak ke DISPENDA kecamatan/ kotamadya / kabupaten sesuai dengan luas reklame yang akan dipasang. 2. Mengisi formulir dan menanyakan lebih rinci pada petugas yang terkait mengenai persyaratan dan biaya. 3. Setelah persyaratan lengkap kembalikan pada petugas terkait dan menunggu proses untuk mengetahui biaya berdasarkan Surat Ketetapan Pajak Daerah (SKPD). 4. Setelah surat SKPD keluar, akan diketahui biaya pajak reklame dan di bayarkan ke loket Kas Daerah setempat. 5. Setelah pajak dibayar, reklame siap digunakan.

Semoga pembahasan diatas dapat membantu Anda untuk mempersiapkan persyaratan pengurusan neon sign untuk usaha restoran Anda, Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.