TONJOLKAN ANEKA ISI DAN RAGAM TINGKAT KEPEDASAN

RAMAI-RAMAI BERJUALAN SEBLAK

Saji - - Inspirasi Usaha - TEKS INTAN YS/NABILA • FOTO: INTAN YS/NABILA/DOK. PRIBADI • VISUAL KHARISMA SEBLAK MAK ONENG Food Garden Kemang Jl. Kemang 1, Mampang Prapatan Whatsapp : 087887686368

menyertakan dua kemasan terpisah bumbu seblak. Bumbunya dijamin istimewa karena menggunakan resep warisan keluarga. “Seblak harus dominan rasa kencurnya,” kata Rizki.

Kemasan pertama berisi bumbu cair, campuran minyak bawang, tepung panir, kaldu ayam bubuk, serta kencur dan bawang putih yang telah dihaluskan. Kemasan kedua berisi bumbu kering halus terdiri dari campuran cabai manado, cabai jawa, cabai domba (cabai rawit merah), dan daun jeruk.

Rizki menjamin mi nyerenya lebih mudah lunak setelah diseduh air panas. “Mi nyere yang digunakan untuk seblak instan sama dengan mi nyere berbumbu yang saya jual sebagai snack yang bisa langsung makan. Tapi untuk seblak, mi nyerenya masih agak mentah, meski setelah diseduh tidak akan alot atau keras saat dimakan.”

Kendati Seblak Nyere Instan Nanutz mampu bertahan hingga 6 bulan, namun Rizki menyarankan agar seblak instan buatannya dapat dikonsumsi sebelum dua minggu demi menjaga kualitas bahan-bahan yang digunakan lantaran ia tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali.

Harga Seblak Nyere Nanutz Rp 10 ribu per cup. Rizki membuka kesempatan bekerja sama melalui sistem keagenan. Namun Rizki mengaku tidak menentukan pembelian minimal untuk reseller. “Berapa pun modal yang dimiliki, saya terima dan saya beri barang full. Tujuan saya, berbagi berkah kepada orang lain melalui usaha Nanutz ini.”

SENSASI SEBLAK DALAM BALUTAN NASI SUSHI

Sebuah kafe di salah satu sudut jalan di kota Bandung, SG7 Corner Café, ikut tergelitik menyajikan menu seblak. Mereka memanfaatkan tren kuliner sepanjang tahun 2015. Keputusan yang tepat. Buktinya bertahan hingga saat ini.

Uniknya, seblak yang tersedia di kafe bernuansa rumah zaman dulu nan asri ini tidak disajikan dalam arti seblak yang sebenarnya. Melainkan “mengawinkan” seblak dengan sushi. Bikin penasaran bukan?

Sushi Seblak adalah sajian sushi roll yang bagian dalamnya diisi seblak ala SG7. Kerupuk kuning mentah sebagai bahan utama seblaknya dimasak hingga layu bersama irisan daun caisim dan wortel, yang dibumbui bawang putih, kencur, penyedap rasa, serta irisan cabai domba atau cabai rawit merah dengan tingkat kepedasan dari 1 sampai 15. Wow!

Manager SG7Corner Café, Dodi, mengatakan, membuat sushi roll isi seblak tidaklah sulit. Nasi yang digunakan untuk sushi rollnya adalah campuran nasi dan ketan sehingga menjadi lengket dan tidak mudah hancur saat dijadikan sushi roll.

Di dalam gulungan nasi ini, terdapat lapisan nori dan seblak. Penyajiannya, berlumur kremesan yang renyah dan mayones sebagai toping. Sushi Seblak seharga Rp 18 ribu, di sini juga tersedia beberapa menu seblak basah lainnya. Di antaranya Seblak Toping Keju, Seblak Ceker, dan Seblak Telor, yang seporsinya dihargai Rp 13 ribu – Rp 16 ribu.

SEBLAK KENTAL BERBAHAN PREMIUM

Di kedai Seblak Mak Oneng, kita tidak akan disuguhkan seblak dengan kerupuk biasa. Kris Putranto (35) dan Rizky Rahmawati (29) menjual kuah kental seblak dengan isi sayap ayam, ceker, dan tulang. Bahkan ia juga mencampurkan kudapan mancanegara seperti pasta fusili, fishball dan siomay.

Berbekal resep istimewa, Kris berhasil membuat kuah seblaknya menjadi lebih kental. Ia pun berani menjamin kelezatan rasanya dan kehalalan produknya. Bumbu-bumbu dasar pembuatan seblak tetap ia gunakan, seperti bawang putih dan kencur. “Saya tidak menambahkan vetsin (bumbu penyedap) sama sekali, lo,” akunya.

Yang membuat dagangannya makin diminati, pembeli bebas memilih tingkat kepedasan. Tersedia level 1 hingga level 5, mulai tingkat tidak pedas hingga pedas sekali. “Untuk rasa pedas, kami menggunakan cabai khusus yang dihaluskan,” ungkapnya. Pantaslah kalau seblak dagangannya begitu laris. Kris tidak mematok harga terlalu tinggi walau menggunakan bahan-bahan premium. Yang paling terjangkau ada varian siomay dan yang dibanderol dengan harga paling tinggi ialah chicken wings berkuah seblak. Sedangkan yang paling diminati adalah seblak ceker dengan tingkat kepedasan tertinggi.

Seblak Mak Oneng dijual dengan harga mulai Rp 12 ribu hingga Rp 32 ribu. Kris juga menyediakan jasa layan antar di daerah Jakarta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.