KAWINKAN SOTO DAN KELAPA MUDA

Mengolah kelapa muda menjadi es, kue, atau makanan manis lainnya sudah biasa. Di Purbalingga, kelapa muda dikawinkan dengan soto. Dari bahan isian hingga penyajiannya. Unik, bukan?

Saji - - Aktual -

Di warung Sroto Klamud Toyareja, Hadiyah Rubi Wahyuni (37) menghadirkan makanan khas daerah asalnya dengan tampilan yang lebih menarik. Sroto ayam kampung disajikan di dalam batok kelapa muda. Tak hanya mengganti mangkuk dengan batok, ia juga memakai daging kelapa muda untuk dijadikan isian sroto sebagai pengganti bihun. Daging kelapa muda dikeruk menyerupai bentuk mi tebal dan dikukus guna menghilangkan bau. Kelapa muda ini kemudian dimasukkan bersama kuah sebelum dituang ke dalam batok.

Di dalam batok ini kita akan menjumpai taburan daun bawang, bawang goreng serta bumbu kacang di atas sroto. Bumbu kacang merupakan bumbu dasar yang wajib dimasukkan dalam masakan sroto. Ketika disendok, isian lain seperti ayam kampung suwir dan kerupuk bersatu padu.

Yang tak kalah unik, pembeli bisa memilih tingkat kepedasan srotonya dari level 1 hingga level 9. Keunikan sroto ini tak hanya bisa dinikmati di tempat saja, seporsi sroto seharga Rp 18 ribu yang dibungkus batok ini pun bisa dibawa pulang. Warung ini buka dari pukul 10 pagi hingga 6 sore.

TEKS & FOTO NABILA K.D. • VISUAL BAYU P.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.