RENYAHNYA KEMBANG GOYANG, DALAM 5 RASA

Saji - - Aktual -

Kembang goyang pun kini dibikin bervariasi, tidak sekadar manis saja. Mari tengok, penjual yang kreatif menawarkan aneka ragam rasa.

Camilan renyah berbentuk enam kelopak bunga ini cukup populer di Jawa Barat dengan nama kembang goyang. Rasa gurih asin yang biasanya cukup populer sebagai pilihan rasanya. Namun di tangan Sariningsih (30), kembang goyang diolah menjadi lebih menarik dengan beberapa pilihan rasa. “Selain rasa original, saat ini tersedia rasa wijen manis, kacang gurih, daun jeruk, cokelat wijen, dan rasa bawang,” jelas perempuan yang merintis usahanya 3 bulan lalu ini.

Rasa yang berbeda membuat komposisi setiap jenis kembang goyang menjadi berbeda pula. Misalnya untuk kembang goyang kacang gurih dan rasa daun jeruk, Sari menggunakan bahan utama tepung beras dengan bumbu bawang putih dan kencur. “Untuk kacang gurih ditambahkan kacang tanah yang dicincang. Sedangkan daun jeruk menggunakan daun jeruk yang diiris halus,” jelasnya.

Untuk rasa gurih, tersedia juga rasa bawang. Kalau kembang goyang ini, Sari memadukan tepung beras dan aci (tapioka) sebagai bahannya, plus irisan daun bawang. “Penambahan aci untuk memperkokoh lapisan kembang goyang sehingga lebih tebal,” urainya.

KEMBANG GOYANG MANIS

Selain rasa gurih asin, Sari juga menawarkan beberapa pilihan kembang goyang dalam rasa manis. Di antaranya wijen manis, cokelat wijen, dan pandan manis. Untuk membuat kembang goyang rasa manis, Sari membuat adonan yang berbeda. “Untuk kembang wijen manis saya buat dari adonan terigu, gula, susu, dan sedikit aci,” urainya.

Rasa wijen manis menggunakan tambahan wijen dalam adonannya. Sedangkan cokelat wijen ditambahkan lagi bubuk cokelat. Sedangkan rasa pandan manis menggunakan tambahan sari daun pandan yang diperas sehingga warna kembang goyang rasa pandan berwarna hijau dengan aroma khas yang wangi.

Semua jenis kembang goyang ini dijual dalam kemasan plastik dengan bobot 200 gram, atau kira-kira 13 – 14 keping kembang goyang. Semuanya dipatok dengan harga sama, Rp 13 ribu. Selain di rumah produksi di kawasan Cimahi, kembang goyang ini juga bisa di dapatkan di Toko Sophia Lembang, dan Blem Liani Lembang. Kembang goyang beragam rasa ini bisa bertahan kerenyahannya selama satu bulan.

Jl. Kihapit Barat RT 4/RW 9 Kel. Leuwi Gajah, Cimahi Selatan Telp 089666730477 FB : Moms Q AL

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.