BUBUR KANJI RUMBI BUNDA

Saji - - Pelesir -

Simpang 4 Pajak Inpres, Lhokseumawe, NAD Telp: 082304431414

Di Aceh, bubur kanji rumbi biasanya muncul hanya pada saat Ramadan. Bubur beras yang dicampur rempah dan santan itu oleh warga biasanya dimasak di meunasah (tempat perkumpulan warga Aceh) menjelang berbuka. Setiap hari dimasak bergiliran oleh masing-masing kepala keluarga lalu dibagikan.

Agar bisa lebih sering dinikmati oleh warga, sejak lima tahun silam Nurmi mulai menjual bubur kanji rumbi. Nurmi mampu menjual tak kurang dari 100 mangkuk bubur per harinya. “Kalau menunggu Ramadan, kelamaan. Sekarang siapa saja bisa makan bubur kanji rumbi tiap hari di warung saya,” kata Nurmi.

Uniknya, Nurmi tak menyajikan bubur kanji rumbi seperti yang selalu ada di saat Ramadan di kampungnya. “Saya kombinasikan dengan taburan suiran daging ayam seperti bubur ayam. Jadi ada citarasa yang berbeda,” jelasnya.

Bubur kanji rumbi ala Nurmi tetap diolah dari beras dengan campuran bumbu seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, rempah kering lainnya, plus santan. Ketika hendak disajikan, ditaburi daging ayam suir, bawang goreng, serta irisan daun bawang dan daun seledri. Bubur kanji rumba Bunda Nurmi dapat dinikmati setiap petang, mulai pukul 18.00 hingga 22.00 WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.