RM MARDI M YUNUS

Saji - - Pelesir -

Jalan Samudra Baru No 66 Lhokseumawe, NAD Telp: 085260055588

Di rumah makan Mardi M Yunus yang telah buka sejak 16 tahun lalu, tersedia beragam masakan khas Aceh yang cukup lengkap. Diantaranya gulai batang pisang, gulai pliek u, asam keueng, kari lembu, aneka ikan bakar, dan yang paling spesial adalah kari entok (bebek).

Kari entoknya bercitarasa khas dengan bumbu rempah yang meresap. “Daging entoknya besar dan tebal. Soal rasa, kuncinya ada pada bumbu dan penggunaan santan kental. Kami enggak pelit bumbu agar pembeli puas menyantapnya,” tegas Mardi, sang pemilik rumah makan.

Agar daging entok empuk, dimasak dalam waktu cukup lama di atas api kecil. Mardi tak merebus daging bebeknya terlebih dahulu. “Biarkan daging entok dimasak bersama bumbu, hingga bumbu meresap ke serat-serat daging,” ucap Mardi.

Kari entok yang lezat ini per porsinya dihargai Rp 10 ribu.Yang tak kalah lezat adalah gulai batang pisang. Batang pisang yang diambil bagian putihnya ini dimasak bersama jeroan sapi. Kuahnya gurih dengan rasa dan aroma khas batang pisang yang teksturnya lembut. Sebelum dimasak, batang pisang diiris bundar dan direbus terlebih dulu.

“Harus teliti dan hati-hati saat mengolah batang pisang. Jika tidak, ketika memotong batang pisang getahnya bisa ikut masuk ke dalam kuah gulai. Bisa menyangkut di tenggorokan saat dimakan,” jelas Mardi. Seporsi kuah batang pisang harganya Rp 3 ribu saja.

Di jajaran ikan bakar, ada bandeng atau tongkol bakar yang jadi favorit warga Aceh. Bandeng dipanggang sambil diolesi bumbu kuning dan disajikan bersama sambal kecap asin. Kecapnya harus khusus, yakni kecap cap Singa produksi Medan. Sepotong bandeng bakar plus seporsi nasi harganya Rp 15 ribu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.