Rujak Sorbet Terasi Halmahera

Saji - - Inspirasi -

Segarnya buah-buahan yang dipadukan dengan sambal kacang tak hanya bisa dinikmati dalam bentuk rujak saja. Di Locarasa, cita rasa rujak disulap dalam bentuk gelato. Rasa pun tak bohong, betul-betul menyerupai buah-buahan dengan sambalnya.

Rupanya varian yang dinamai gelato sorbet ini memang terbuat dari rujak betulan. Adonan dasarnya terbuat dari delapan sari buah yang umum ditemui dalam rujak, yaitu jambu air, kedondong, mangga muda, nanas, pisang batu, ubi merah, dan kecombrang. Masing-masing sari buah ini dicampur bersama asam jawa. Adonan ditambahkan dengan emulsifier berupa tepung tapioka yang bertujuan untuk memperlambat pembekuan di proses pembuatan gelato yang hampir mirip dengan es krim.

Selain diambil sarinya, buah-buahan tersebut juga diserut guna mendapatkan tekstur layaknya rujak. Layaknya rujak betulan, sambal rujak pun diimbuhkan dalam adonan. Bahan-bahan yang diblend menjadi sambal ialah cabai rawit, cabai keriting, garam, dan gula merah organik.

Agar rasa makin mantap, Chef M. Solihin yang menciptakan gelato rujak ini menambahkan terasi tataleka yang spesial didatangkan dari Jailolo, Halmahera. Berbeda dengan terasi pada umumnya, terasi yang dibungkus dengan daun aren ini tak berbau menyengat. “Terasinya disangrai lebih dulu sebelum disatukan dengan adonan, agar rasanya lebih intens” ungkapnya.

Berbeda dengan varian lain, varian gelato sorbet ini tak menggunakan gelatin atau pun susu. Sehingga lebih cepat mencair. Mengenai rasanya, banyak yang berpendapat bahwa tak ada bedanya menyantap gelato rujak ini dengan rujak betulan. Benar-benar rujak!

Gelato yang disimpan di display bertemperatur -12° ini dibanderol dengan harga Rp 20 ribu untuk ukuran 100 gram dan 25 ribu untuk ukuran 200 gram.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.