GANYONG DAN MOCAF

Saji - - Artikel -

Kedua jenis tepung ini menjadi pilihan alternatif sumber tepung, selain terigu. Beberapa keunggulan kedua jenis tepung ini antara lain tidak mengandung gluten sehingga aman dikonsumsi bagi orang yang memiliki intoleransi terhadap gluten pada terigu. Selain itu kandungan karbohidratnya juga tinggi sehingga memberikan energi yang baik pada tubuh. Ganyong dan mocaf juga baik untuk pencernaan karena kandungan seratnya tinggi. Begitu juga nutrisi dan kalsiumnya yang baik untuk kesehatan tulang.

Kedua tepung ini juga memberikan tekstur lebih renyah pada kue sus buatannya. Namun Retno tetap menggunakan campuran terigu untuk menghasilkan sus yang kokoh, namun sangat renyah. Komposisinya mencapai 60 persen untuk ganyong/ mocaf, dan sisanya terigu. “Jadi komposisi ganyong/mocaf lebih banyak ketimbang terigu,” jelasnya.

Untuk membuatnya, Retno membuat adonan dasar menggunakan terigu terlebih dulu, lalu ditambahkan ganyong/mocaf sedikit-sedikit hingga tercampur rata. “Jika tepungnya disatukan terlebih dahulu, hasilnya tidak akan mulus. Nanti ada butiran kasar sehingga penampilan kue soes kurang bagus,” urainya.

Saat ini ganyong dan mocaf didapatkan dari beberapa daerah, seperti Garut, Sumedang, dan Yogyakarta. Dalam sebulan, Retno mengaku membutuhkan masingmasing 25 kilogram ganyong dan mocaf. Diakuinya, tepung mocaf lebih mudah didapatkan ketimbang ganyong. “Soalnya ganyong memang relatif lebih lama pertumbuhan umbinya. Namun saya selalu berusaha untuk mengatur ketersediaannya dengan bekerjasama dengan sejumlah pemasok ganyong,” tutupnya.

Nah, ingin ber-Lebaran dengan sajian kue kering yang berbeda? Coba saja sus kering aneka rasa berbahan ganyong dan mocaf yang lebih renyah dan lezat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.