SAMBAL WELUT PAK SABAR

Saji - - Pelesir -

Buka pukul 10.00 - 22.00 WIB Jl. Imogiri Barat Km 6, Dokaran, Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta Telp: 0828 2753 770

Di warung milik Pak Sabar ini menyediakan sambal belut sebagai hidangan andalannya. Belutnya digoreng terlebih dulu lalu diambil durinya dan dilumatkan bersama bawang putih, kemangi, garam, dan cabai hijau. Untuk menghilangkan bau amis belut sekaligus memberi aroma dan rasa segar, ditambahkan kencur ke dalam sambal.

Sambal belut yang nikmat ini dihidangkan bersama lalapan irisan mentimun dan daun kemangi. Sambal belut juga berjodoh dengan tumisan sayur berkuah manis mirip tongseng, oseng-oseng, serta belut, ikan kuthok (ikan gabus), atau wader (ikan sungai) yang digoreng garing dan renyah.

Uniknya, di warung berkapasitas 100 orang ini diberlakukan minimal pemesanan berdasarkan kilogram. Contohnya, belut dihargai Rp 130 ribu per kilogram. Satu kilogram belut cukup untuk 5-7 orang. Sambal belut atau belut goreng, minimal pembelian 1 ons. Dan tumisan sayur, minimal pembelian 1/2 kilogram.

Aturan ini juga berlaku bagi jenis ikan lainnya. Untuk ikan wader harganya Rp 60 ribu per kilogram. Ikan gabus Rp 110 ribu per kilogram. Meski terkesan agak rumit, pengunjung tak perlu bingung. Untuk menentukan jumlah pesanan, pelayan akan membantu mengira-kira jumlah yang sebaiknya dipesan, sesuai kebutuhan pegunjung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.