MENGENAL IKAN ASIN

Sebelum mengolah ikan asin, baik sekali mengenal beberapa ikan asin yang dijual di pasar. Ikan asin ada beberapa macam. Tiap macam, tentu akan diolah secara berbeda.

Saji - - Saji Unggul -

IKAN ASIN YANG BASAH

Ikan asin yang basar contohnya ikan peda, sepat, gabus, dan jambal Ikan asin ini bisa diolah jadi masakan yang kering atau yang sekadar basah, atau yang berkuah. Juga bisa jadi isi nasi goreng yang enak.

IKAN ASIN YANG KERING

Ikan asin yang kering contohnya teri, bulu, pari, dan pakang. Ikan asin yang kering sebaiknya dibiarkan tetap kering dan renyah. Misalnya dibuatm kering atau dibuat balado sampai kering betul sehingga tetap kering.

CARA MENGURANGI RASA ASIN

Untuk membuatnya tahan lama, ikan asin sering dibubuhi garam terlalu banyak. Untuk mengurangi rasa asinnya, lakukan hal berikut: • Cuci ikan bersih ikan asin. • Seduh dengan air panas. Tiriskan.

PERLUKAH DIGORENG?

Sebelum diolah, ada baiknya ikan asin digoreng dahulu, untuk mengurangi rasa amisnya. Tetapi kalau tidak digoreng pun, bolehboleh saja.

OLAHAN IKAN ASIN

Ikan asin paling enak dimasak dengan cita rasa pedas dan asam. Rasa asamnya bisa datang dari tomat dan belimbing wuluh. Ikan asin juga enak dimasak dalam kuah santan yang gurih.

TEMAN OLAH IKAN ASIN

Ikan asin enak dimasak bersama sayuran, tahu, tempe, dan kentang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.