RM HOLAT TABAGSEL

Saji - - Pelesir -

Jl. Cut Nyak Dien No. 76, Kisaran, Asahan, Sumatera Utara

Menu khas Tapanuli Selatan yang ada di sini di antaranya holat, gulai ikan sale, anyang ayam, daun ubi tumbuk, dan sambal tuk tuk.

Holat adalah olahan ikan gurame, mas, atau nila bakar yang diberi kuah berbumbu holat. Bumbu holat terbuat dari pakkat (tumbuhan sejenis rotan yang khusus ditanam di wailayah Tapanuli) yang dipotong-potong seruas jari, serbuk kayu balakka (hanya ada di Tapanuli), tepung beras sangrai, bawang goreng, bawang merah, daun bawang, jahe, dan lengkuas.

Serbuk kayu ini direndam di dalam air setelah dikikis dari batangnya. Air ini digunakan untuk menyiram ikan mas, nila, atau gurame yang sudah dipanggang dan dibumbui. Dalam sekejap, warna airnya berubah jadi putih pekat seperti susu. Holat pun siap disajikan.

Ada lagi menu yang tak kalah unik yaitu anyang ayam. Suwiran ayam kampung panggang ini dibumbui kelapa sangrai yang dihaluskan, tepung beras sangrai, ketumbar, cabai merah rajang dan santan. Semua dimasak jadi satu lalu ditambahkan irisan bawang merah mentah menjelang diangkat.

Untuk menyantap holat ikan atau anyang ayam, jangan lupakan sambal tuk tuk. Sambal ini menggunakan andaliman sebagai bahan pokoknya. Rasanya yang pedas terasa sangat khas dan segar. Harga per porsi masakan khas Tapanuli Selatan di rumah makan ini Rp 7 ribu – Rp 10 ribu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.