Jawaban:

Saji - - Peluang Usaha -

Dear Ibu Vina, Butuh kesabaran untuk menghadapi karakter pelanggan yang seperti ini dan tak perlu harus ketus saat menghadapinya. Jika Anda ketus menghadapi pembeli, mungkin pembeli enggan kembali lagi untuk membeli nasi bakar buatan Anda.

Berikut ini tips dan trik menghadapi pembeli: 1. PAHAMI KARAKTER PELANggAN Setiap orang punya karakter masing-masing. Selain itu latar belakang keluarga, lingkungan dan pendidikan akan mempengaruhi karakter masing-masing pribadi. Saat makan di sebuah kedai di Hongkong, saya melihat pelayan yang melayani saya sedikit melempar saat memberikan piring makan. Untuk orang Indonesia hal ini sungguh tak sopan, namun untuk orang di sana tak ada maksud untuk bersikap tidak sopan. Pelayan ini hanya ingin memberikan pelayanan yang cepat karena kedainya ramai sekali pembeli. Maksudnya baik, namun karena latar belakang budaya berbeda jadi lain penafsiran sikapnya. Begitu juga jika dibalik Anda sebagai yang melayani pembeli, pahamilah pembeli datang dari latar belakang yang berbeda, jadi jika sikap-sikapnya beraneka ragam bahkan cenderung tidak biasa, berusaha untuk memaklumi sepanjang masih ada batas kewajaran. Jadi pahamilah tak semua pelanggan sikapnya baik dan menyenangkan, ada yang ketus, galak, cerewet dan bahkan membuat kesal hati dan jangan merasa kesal di hati. 2. PERSIAPKAN MENTAL Persiapkan mental Anda untuk menghadapi berbagai karakter pembeli yang datang untuk tidak cepat tersinggung, tak mudah kesal, dan tak mudah mengucapkan kata-kata yang ketus. Tanggapilah pelanggan dengan sabar dan senyum walaupun rasanya sudah membuat kesal. Lama-kelamaan Anda akan terbiasa dengan situasi ini dan tak menganggap hal-hal tadi sebagai suatu sikap yang membuat kesal. 3. KEMBANgKAN KEMAMPUAN PELAYANAN PELANggAN

Sikap standar melayani pelanggan adalah sabar, murah senyum dan ramah. Anda perlu mengembangkan kualitas pelayanan tak hanya dengan bersikap sabar, murah senyum dan ramah, namun kembangkan kemampuan pelayanan untuk mendorong pelanggan melakukan keputusan pembelian.

Lakukan pengenalan produk dengan baik dan Anda bisa meawarkan produk sesuai dengan karakter pelanggan Anda sehingga mereka akan membeli banyak produk dan terus kembali menjadi pelanggan Anda.

Semoga Bermanfaat, Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.