AKTUAL: krEasi kEtan isi bErkulit krispi

Saji - - Halaman Depan -

Ulen adalah ketan tumbuk yang disajikann bersama cocolan sambal oncom. Ulen klasik seperti ini, tak akan Anda temui di Warung Ulen. Warung ini punya cara sendiri memadu ketan dan oncomnya. Mari simak kejutan nikmat dalam sepotong ulen dari Warung Ulen.

ulen biasanya dijual di pasar-pasar tradisional.l. Ketan tumbuk ini biasanya dijodohkan bersama sambal oncom sebagai cocolannya. Namun ari Zakaria (35), pemilik Warung ulen, berusaha menyajikan penganan tradisional khas sunda ini menjadi lebih menarik. “selain isinya bermacammacam, lapisan luarnya juga diberi lapisan krispi sehingga saat dimakan lebih unik, ada kenyal ketan, isinya lezat, dan juga kriuk dari lapisan krispinya,” ungkap ari.

Tak hanya sambal oncom, ari menambahkan beberapa varian lain, di antaranya rasa ayam, abon sapi, kacang tanah, hingga keju. ari juga berencana meluncurkan ulen rasa manis yang berisi pisang dan cokelat. “ada juga versi original yang tidak ada isinya tapi menawarkan rasa gurih ulen asli,” imbuhnya.

ari terinspirasi membuat olahan ulen karena selama ini ulen dinikmati dengan cara dicocolkan ke sambal oncom sehingga terkesan berantakan. ia pun berinisiatif untuk membuat cocolannya justru menjadi isi ulen. “Jadi lebih praktis, tidak perlu wadah buat cocolan. Kalau isinya sudah ada di dalam ulen, tinggal makan saja lebih gampang dan mudah juga dibawa sebagai bekal,” jelasnya.

selain lebih mudah disantap, ari juga bisa bermain dengan jenis isi lainnya yang variatif. ulen isi ini dibanderol dengan harga rata-rata Rp 2.500 – Rp 3.000 per buah. ari mengemasnya dalam kemasan boks plastik mika yang berisi 12 buah ulen. anda bisa memilih satu jenis rasa, atau dicampur semua rasa. bentuk ulen mencirikan isinya, di antaranya bentuk belah ketupat (original), setengah lingkaran (abon), segitiga (ayam), persegi panjang (kacang), bundar (oncom), dan lonjong (keju).

ulen goreng isi buatannya bisa bertahan hingga 2 bulan jika disimpan di dalam freezer. ari juga menyediakan jasa layanan antar khusus di bandung dengan minimal pembelian 2 boks. “Kalau di luar kota hanya melayani kota yang bisa dijangkau dengan layanan antar satu hari via jasa ekspedisi. “Karena di suhu ruang ulen isi ini hanya bisa tahan dua hari,” ujarnya.

Nah, anda ingin mencicipi ulen gurih yang memiliki beragam isi? Coba saja di Warung ulen.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.