AYAM GORENG TETAP RENYAH

Saji - - Tanya Pakar -

PAKAR SAJI YTH., Saya sering membuat ayam goreng tepung karena anak-anak suka, tetapi sebentar saja, sudah tidak renyah. Kalau sudah tidak renyah, anak-anak tidak mau menyantapnya. JI, tolong kasih tahu cara membuat ayam goreng tepung yang betul-betul renyah. Saya tidak mau membeli di luar karena banyak MSG nya.

Terima kasih.

ROLINAH –BOGOR

Ibu Rolinah di tempat, Ayam goreng yang renyah sudah ditentukan dari adonan tepungnya. Kalau adonan tepungnya benar dan pencelupnya tepat, pasti kerenyahannya lebih bertahan lama. Tetapi tetap saja tidak bisa renyah selamanya karena ayam juga akan mengeluarkan air dan akan membasahi tepung sehingga berkurang kerenyahannya.

Nah, supaya renyah, pertama, perhatikan bahan pencelupnya. Bahan pencelup sebaiknya tidak mengandung telur. Kalaupun mau pakai telur, maka gunakan putih telur. Anda bisa menggunakan air es, bisa juga larutan tepung encer. Larutan tepung, dibuat dari tepung dan air saja. Gunakan air es.

Kemudian tepungnya, bisa dicampur dengan tepung beras supaya lebih renyah. Jumlah tepung beras jangan melebihi separuh tepung terigu supaya tidak keras setelah dingin.

Perhatikan juga proses menggoreng. Goreng di atas api sedang cenderung ke kecil. Biarkan agak lama supaya ayam matang dan renyah.

Gunakan minyak yang tidak terlalu besar supaya hasil ayam kering betul. Oh ya, minyak harus banyak, ya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.