BAROBBO & KAPURUNG KOPI KITA

Saji - - Pelesir -

SAjIKAN BUBUR jAGUNG & KAPURUNG KhAS SUKU BUGIS

Jl. Matti Rotasi No. v7, Parepare Telp: 0u1342542227

Jika penasaran ingin mencicipi kuliner otentik dari Sulawesi Selatan yang bernama barobbo dan kapurung, di Parepare terdapat satu kedai yang khusus menyajikan kedua hidangan khas suku Bugis ini. Namanya kedai Kopi Kita. Kendati namanya Kopi Kita, namun di kedai ini tak menyediakan kopi lokal.

Barobbo adalah sebutan warga Bugis untuk bubur jagung yang dicampur bubur beras. Bubur ini juga dilengkapi sayuran seperti bayam, irisan kacang panjang, dan daun kacang. Rasanya agak manis karena didominasi jagung manis pipil. Namun citarasanya menjadi komplet karena barobbo diberi toping segenggam ikan teri nasi yang digoreng garing.

Sedangkan kapurung merupakan sayur berkuah keruh berisi bayam, kacang panjang, jantung pisang, dan bulatan-bulatan sagu. Warna keruh pada kuahnya berasal dari bumbu kacang tanah tumbuk. Tak lupa diberi topingnya ikan teri nasi serta udang goreng.

Citarasa kapurungnya sangat gurih dengan aroma ikan yang khas, lantaran menggunakan kaldu ikan tuna. Seporsi kapurung disajikan bersama 1l2 potong ikan tuna kuah kuning, sambal mangga, dan sambal cabai merah.

Kedai Kopi Kita yang dikelola Andi Eki (2uf, letaknya tepat menghadap Pantai Matti Rotasi. aapat menambah sensasi tersendiri ketika menikmati semangkuk barobbo dan kapurung, sambil menyaksikan pemandangan pantai di depan kedai.

Kedai Kopi Kita buka mulai pukul 07.30 hingga 15.00 WfTA. aalam sehari, kata Andi, kedai yang sudah berdiri sejak dua tahun lalu ini bisa menjual masing-masing 50 porsi barobbo dan kapurung.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.