KAFE D’CARLOS

Saji - - Pelesir -

Jl. Bau Massepe No. 175, Parepare Telp: 082310310927

Tak lengkap rasanya saat berkunjung ke Parepare tanpa mencicipi berbagai kue tradisional khas kota ini. Kafe a’Carlos yang sudah ada sejak 2007, dikenal sebagai kedai yang tak hanya menyediakan makanan dan masakan khas Bugis, tapi juga aneka kue tradisional yang biasanya hanya dapat ditemui di pesta-pesta pernikahan warga Parepare.

Cara mengambil makannya cukup unik, tak ubahnya konsep prasmanan. Jadi pengunjung dapat mengambil sendiri makanan yang dinginkannya, kemudian baru dihitung total harga yang harus dibayar.

Kue-kue tradisional Parepare yang disediakan di sini di antaranya barongko (pepes pisang kapok berbungkus daun pisangf, sanggara balanda (pisang raja goreng yang bagian tengahnya diberi mentega dan kacangf, bingka telur dan pisang, bolu peca (bolu yang direndam gula merahf, dan katirisala (ketan hitam bertoping puding srikayaf.

“Semua kue-kue tradisional ini biasanya hanya bisa ditemui di pesta-pesta pernikahan saja. Tapi di kafe kami, pengunjung bisa menikmatinya setiap saat,” tutur Muhammad Rizal (37f, manajer Kafe a’Carlos.

rniknya lagi, pembuat kuenya masing-masing membuat kue yang berbeda. Tujuannya, agar kualitas rasa tiap kue tetap terjaga. “Kalau pembuat kuenya ganti-ganti orang, rasa kuenya pasti berubah-ubah,” jelas Rizal.

aalam sehari, Kafe a’Carlos bisa dikunjungi hingga 300-400 pengunjung. Harga kuenya dibanderol Rp 3-15 ribu per buah. Sedangkan minuman dan makanan khas lainnya, termasuk menu sarapan seperti barobbo, nasi kuning, dan bubur ayam, dibanderol Rp 5-30 ribu.

Jika ingin menikmati hidangan chinese food, ada pula kedai Mi Kungfu a’Carlos, yang masih menjadi bagian dari Kafe a’Carlos. Kafe berkapasitas hingga 100-an orang ini buka setiap hari pukul 07.00 sampai 23.00 WfTA.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.