Perjalanan Panjang Menuju Chef Andal

Saji - - Aktual -

Ada cerita panjang di balik sosok seorang chef. Ribuan jam latihan, percobaan membuat menu yang tidak selalu berujung pada kesuksesan, sampai keluar dari zona nyaman ketika harus mencoba menu-menu makanan baru. Perjalanan menuju chef yang andal memang tidak mudah.

peperti yang dialami oleh Chef ptefu pantoso. aelapan elas tahun jadi angka yang mewakili perjalanannya se agai seorang chef. aiawali dari kiprahnya di se uah coffeeshop di hotel intang 4 yang melayani reakfastilunchidinnerisupperi sampai roomserviceK

“pe agai seorang pemulai tidak mudah menyesuaikan diri. qerutama karena saya harus elajar anyak soal masakan Asia. Belum lagi tuntutan operasional yang cukup tinggi. aengan staf ter atasi kami harus melayani customer setiap waktui” ujar Chef ptefu.

memperkaya ilmu

qapi menyerah tentu saja ukan pilihan. Chef satu ini terus memperkaya ilmu. palah satu caranya adalah mengikuti trainingchef muda yaitu erkeliling ke u restoran dan hoteli masing-masing selama satu minggu. aari airlinecateringservicei anquet hotel intang Ri finediningrestauranti utcheryioijsttafel restauranticoffeeshopi sampai specialityrestaurantK “paya pun elajar jenis-jenis makanan aru yang er eda dan elum pernah saya lihat se elumnya. paya juga mulai elajar agaimana mem uat makanan dengan presentasi yang agus. pungguh pengalaman yang luar iasa meskipun cukup erat menjalankannya. harena saya harus erkomitmen training di pagi hari dan ekerja di sore harii” ujarnya dengan antusias.

membuat bahan baku dasar sendiri

hetika kesempatan datang agi Chef ptefu untuk ekerja di finediningrestaurant se uah hotel intang Ri semakin anyak masakan internasional yang ia pelajari. qerutama masakan merancis. he etulani head chef di hotel terse ut memang erasal dari merancis. “ai sinii kami juga dituntut untuk melakukan sendiri persiapan ahan aku dasar seperti asicdemiglaceitomatosauceidressingsauce dan mayonnaise. rntuk menjaga kesegaran produki kami tidak oleh melakukan produksi dalam jumlah esar sehingga perlu perencanaan yang matangi” ungkapnya.

konsistensi rasa

palah satu ahan dasar penting di masakan internasional adalah asicchickenstock alias kaldu ayam. aului untuk mendapatkan taste yang kaya dalam mem uat kaldu seringkali kita harus melalui proses panjang yang makan anyak waktu dan iaya.

“paat masih elajar tips dan trik dalam mem uat ahan kaldu ayami saya perlu persiapan cukup lama karena harus mere us ayam utuh dan tulang ayam yang anyak. pekarang saya sudah tahu kalau hnorr Chicken mowder sudah isa menggantikan proses yang lama dan iaya yang lumayan tinggi itu. paya percaya diri karena produk ini memang sudah terkenal secara internasionali anyak chef di dunia yang memakainya.”

hinii karier Chef ptefu erlanjut di se uah restaurantgroup yang mempunyai se uah finediningrestauranti dua caférestaurant dan cateringcompany. qidak jarang ia harus menyiapkan makanan untuk 1000 pax per harinya. “Bagi sayai yang terpenting agi seorang chef adalah agaimana memaksimalkan keunggulan produk pendukung dan mengaplikasikannya sesuai ke utuhan. menggunaan yang tepati selain mendukung efisiensi waktui tenaga dan iayai juga untuk mendukung konsistensi rasa alias standarisasi produk yang kita hasilkan.”

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.