RM SEWu rOSO

Saji - - Pelesir -

SAJikAn SEAFOOD & BAkSO BErTOPinG JErOAn SAPi

Buka: Senin – Minggu (pukul 11.00 – 22.00 WIB) Jl. Raya Medan KM 13,5, Tanjung Morawa Telp: 061-79084

Rumah makan Sewu Roso menyediakan berbagai menu khas Sumatera Utara. Namun yang menjadi andalannya adalah sajian seafood dan ikan sungai (air tawar). Berbagai jenis ikannya diolah dengan cara dibakar, dimasak asam manis, digulai masam, disup, dan sebagainya.

Tersedia ikan baung, kakap, kerapu, bawal, dan lainnya. Ikan baru akan diolah setelah dipesan, sehingga kesegaran rasanya tetap terjaga. Menu yang paling digemari adalah ikan gulai masam. Kuah gulainya tanpa santan, namun menggunakan bumbu halus yang terdiri dari cabai merah, bawang merah, bawang putih, kunyit, serta kemiri. Sumber rasa asamnya muncul dari asam gelugur. Kuah gulai semakin lengkap dengan irisan nanas dan daun kemangi. Per porsi gulai masam kepala kakap harganya Rp 50 ribu.

Lauk pelengkap lain juga tersedia di sini. Seperti tumis kangkung belerang, yang menggunakan kangkung dari Berastagi. “Rasa kangkung belerang ini berbeda dari kangkung biasa. Teksturnya lebih renyah dan rasanya gurih. Tumbuhnya di pegunungan yang digenangi air belerang. Makanya disebut kangkung belerang,” terang Dewi Anggraini (25). Per porsi kangkung belerang harganya Rp 15 ribu.

Selain sajian seafood dan ikan air tawar, Dewi juga menyediakan bakso. Uniknya, penamaan menu baksonya menggunakan nama tokoh pewayangan. Seperti bakso semar mendem yang isinya satu bakso besar berisi daging cincang, dua bakso kecil, dan toping irisan jeroan sapi. Ada pula bakso petruk, yang berisi bakso berbentuk panjang seperti hidung petruk dan irisan jeroan sapi.

Selain meggunakan daging sapi pilihan, imbuh Dewi, kuah baksonya menggunakan air mineral yang mengandung oksigen, sehingga kualitas rasanya terjamin. Tersedia 4 menu bakso yang harga per porsi Rp 17 ribu – Rp 25 ribu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.