MIE BANCIR KHAS BANJAR

Saji - - Pelesir -

MI BASAH FAvORIT ORANG BANJAR

Jl. Brigjen Hasan Basri Ruko No. 7, Banjarmasin Telp: 0511-3305179

Warga asli Banjarmasin mengenal sajian mi dua warna, yakni mi kuning dan mi merah. Nah, di rumah makan Mie Bancir Khas Banjar tersedia mi kuning. Orang Banjarmasin menyebutnya mi basah. Sementara kata bancir merupakan bahasa lokal yang berarti waria. “Disebut mi bancir karena mi ini dimasaknya ‘nanggung’. Bukan mi goreng, bukan juga mi rebus,” ujar Muhammad Hamdi (24), supervisor Mie Bancir Khas Banjar.

Mie Bancir Khas Banjar menyediakan beragam menu mi kuning. Di antaranya mi bancir original, mi bancir ayam bapukah (ayam ungkep berbumbu), mi bancir ayam panggang, mi bancir ceker, mi bancir ceker setan, mi bancir bakso, mi bancir itik, mi bancir pangsit, mi bancir sate, dan mi bancir pedas. Yang paling favorit adalah mi bancir ayam panggang.

Mi bancir baru akan dibuat ketika ada pesanan. Kendati tak tergenang kuah, saat memasaknya tetap diberi kuah kaldu ayam dan tambahan saus tomat. Saat akan disajikan, piring saji dialasi daun pisang agar aroma mi bancir semakin menggugah selera dan nuansa tradisionalnya tetap terasa.

Seporsi mi bancir disajikan dengan taburan ayam suwir dan irisan telur bebek rebus. Khusus mi bancir ayam panggang, ayam suwirnya diganti dengan ayam panggang yang dihancurkan bersama tulangnya atau dipenyet.

Rumah makan yang sudah berdiri hampir 2 tahun ini setiap harinya menghabiskan 140-180 porsi mi bancir. Namun di akhir pekan bisa mencapai 200250 porsi. Rumah makan Mie Bancir Khas Banjar yang berkapasitas 150-200 orang ini buka setiap hari pukul 11.00 – 23.00 WITA.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.