RM LONTONG ORARI SEI MESA

Saji - - Pelesir -

LONTONG SEGITIGA PLuS LAuK BuMBu HABANG

Jl. Simpang Sei Mesa RT 09 No. 18, Banjarmasin Telp: 0511-3251491

Rumah makan ini dikenal dengan sebutan Lontong Orari, sebab di masa lalu orang-orang memesannya melalui sambungan radio amatir Orari. Berdiri sejak 1983, Lontong Orari sangat populer di kalangan mahasiswa, yang kala itu memang gemar berkomunikasi menggunakan radio Orari.

Di sini tersedia lontong khas warga Banjar yang berbentuk segitiga. Lontongnya dibungkus daun pisang yang direbus selama 6-8 jam hingga matang. “Memasaknya memang lama karena masih menggunakan kompor minyak, bukan gas. Supaya berasnya bisa lebih pulen,” ujar Hj. Rusminah (73), pemilik RM Lontong Orari Sei Mesa.

Lontong segitiga biasa disantap bersama aneka lauk berbumbu habang (bumbu merah). Di antaranya haruan (ikan gabus), telur bebek rebus, ayam goreng, serta sayur nangka. Seporsi lontong dengan ayam goreng dan telur bebek harganya Rp 30 ribu. Lontong dengan lauk haruan dan telur, harganya Rp 40 ribu.

Ingin lebih lengkap? Lontong dapat disajikan dengan haruan, telur bebek, dan ayam goreng yang harganya Rp 60 ribu. Tentu sangat mengenyangkan karena satu porsinya terdapat dua buah lontong. Bagi yang ingin menyantap sajian selain lontong, tersedia pula nasi kuning banjar, yang disajikan dengan aneka lauk bumbu habang.

Dalam sehari, Hj. Rusminah dapat menghabiskan 600-800 lontong untuk 300-400 porsi lontong banjar. Sedangkan untuk nasi kuningnya, setiap hari ia mengolah 15 liter beras. Rumah makan lesehan yang bisa menampung sekitar 100 pengunjung ini buka pukul 07.00 – 03.00 WITA di hari biasa dan pukul 10.00 – 03.00 di akhir pekan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.