SUSHI VEGAN DENGAN NASI HITAM

Saji - - Saji -

Kurogame Zushi menyediakan sushi yang unik, yakni sushi vegan. Sehingga sushinya dibuat benar-benar hanya menggunakan bahan terpilih, yang sebagian besar merupakan bahan organik, homemade, dan diketahui asalusulnya. Isinya pun sama sekali tak mengandung protein hewani.

Uniknya lagi, sushinya menggunakan nasi hitam. “Beras hitamnya didapat langsung dari petani lokal dengan kandungan nutrisi yang lebih sehat,” ujar Harry Nugroho (48), pemilik Kurogame Zushi. Menurut Harry, ini sesuai dengan nama usahanya, Kurogame, yang dalam bahasa Jepang berarti nasi hitam.

Signature menu di kedai sushi ini adalah Kurogame Roll. Per porsi berisi 6 sushi roll isi jamur shitake berbumbu plus avokad. Bumbu rendaman untuk jamurnya berupa air, gula semut, dan kaldu jamur. Harganya Rp 15 ribu per porsi.

Menu favorit lainnya Sushi Koetjing. Per porsi berisi 3 sushi roll isi spicy tofu, yang harganya Rp 5 ribu. Ada pula Ihir Sushi berisi tempe pedas yang per porsinya berisi 6 sushi roll seharga Rp 15 ribu. “Ini sushi untuk pemula atau yang belum pernah mencicipi sushi,” kata Harry.

Harry yang pernah menjadi sushi chef di Amerika Serikat ini memang berusaha konsisten dalam menyajikan sushi vegan. “Saya bukan vegan, tapi berusaha konsisten tidak membuat sushi isi ikan, keju, atau bahan non vegan lainnya,” ujarnya.

Kurogame Zushi yang buka sejak September 2014 sudah memiliki 40 varian sushi plant-based. Harry mengolah sendiri bahan-bahan yang digunakan untuk isi sushinya. Kendati menyajikan sushi vegan, pelanggannya tak hanya dari komunitas vegan. “Banyak juga yang non vegan. Katanya untuk penyeimbang hidup dengan makan sehat,” pungkas Harry, yang setiap Kamis dan Sabtu, Harry membuka kedai sushinya di Pasar Kamisan (Pasar Organik Jogja).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.