NASI MInYAK h. ABuK

Saji - - Pelesir -

MALBI KuAh SEMur EMPuK & MAnIS

Jl. Dr. M. Isa No. 9/823 8 Ilir Pasar Kuto Telp (0711) 352656, 372076, 7046820

Penampilan nasi minyak terlihat mengilat dengan warna nasi yang agak kecokelatan. Saat disajikan, akan tercium aroma bumbu rempah yang cukup kuat. Ada begitu banyak rempah yang digunakan dalam sajian ini, selain bahan lainnya. “Kami pakai cengkih, pala, kayu manis, minyak samin, dan susu,” urai Muhammad Shahab bin Abdullah Abuk, pemilik kedai ini. Seporsi nasi minyak dibanderol Rp 12 ribu.

Lauk pendampingnya tak kalah mantap. Salah satunya malbi yang konon menjadi jodohnya nasi minyak. Malbi merupakan olahan daging kambing yang dimasak dalam kuah semur yang bercitarasa manis. Daging dalam sajian malbi begitu empuk dengan rasa manis yang meresap. Tampak jelas jejak perpaduan kuliner Timur Tengah dan tradisional Indonesia dalam masakan ini.

Coba juga pentul. Sajian ini merupakan kentang yang digiling, dibentuk bola-bola mirip bola pingpong, ditusuk bambu, lalu digoreng hingga kulitnya renyah.

Masih banyak lauk tambahan lainnya yang layak dicoba. Kari ayam atau ikan, bebek goreng, kari kambing, hingga tunjang alias kikil sapi. Semua menu ini disajikan dengan acar mentimun dan wortel, plus sambal pacri nanas yang rasa pedas dan asamnya memberikan kesegaran di setiap suapannya.

Kedai berkapasitas 30 kursi ini siap melayani pelanggan mulai pukul 09.00 – 19.00.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.