PENYETAN DENGAN ANEKA SAMBAL SEGAR

Saji - - Saji -

Ayam King Khas Surabaya berkonsep rumah makan tradisional yang menyediakan aneka penyetan dengan beragam sambal. Ada ayam penyet, cumi penyet, empal penyet, dan bebek penyet. “Yang paling laku adalah paket ayam penyet,” tutur Dodid Mujaddid (32), Manager Operasional Ayam King.

Sambal penyetannya tersedia 6 varian. Ada sambal king, sambal korek, sambal mangga/kedondong, sambal bakar, dan sambal penyet. Sambal king merupakan sambal khas Jawa Timur dengan citarasa pedas dan asam yang segar. Jika ingin sambal yang lebih khas, bisa memilih sambal korek dengan irisan bawang merah yang melimpah.

Sambal bakar disediakan untuk sajian bakar-bakaran dan dibuat dengan campuran terasi. Sedangkan untuk sambal bercitarasa asam segar, bisa memesan sambal mangga atau kedondong. Untuk sambal penyet, Ayam King menyediakan sambal khusus yang dibuat dengan campuran tomat. Tersedia pula sambal ijo bagi yang suka cabai rawit hijau.

Uniknya, di sini ayam penyet tidak dibalur langsung dengan sambalnya saat disajikan. “Tiap pembeli berbeda selera. Jadi yang menjadi khas penyetan di sini justru sambalnya, bukan tampilan ayamnya,” jelas Dodid.

Paket penyetan yang paling banyak dicari di rumah makan ini adalah King Hemat 1, terdiri dari ayam goreng, tahu, tempe, telur dadar, dan sambal pilihan. Harganya Rp 28 ribu. Jika ingin menambah nasi, tersedia nasi putih, nasi uduk, atau nasi merah seharga Rp 5-7 ribu per porsi.

Dalam sehari, Ayam King rata-rata menghabiskan 300 potong ayam, terutama untuk menu penyetan. Restoran berkapasitas 80-100 orang ini buka setiap hari pukul 10.0022.00. Terdapat dua cabang lain di Pasar Festival Kuningan dan Pantai Indah Kapuk.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.