BURGER , ROTI ISI DAGING GILING

Saji - - Ulas Tuntas -

Burger adalah roti bulat (bun) tawar yang disantap bersama daging giling panggang yang ditaruh di antara roti. Tak sulit membuatnya sebetulnya. Yang sulit justru memanggangnya agar daging tidak kering.

Nama lengkapnya, humburger. Nama ini berasal dari kota Hamburg, tempat daging ini dikenalkan pertama kali. Orang Hamburg konon banyak berimigrasi ke Amerika sehingga memperkenalkan makanan ini di sana. Tak heran banyak orang mengira burger datang dari Amerika.

Menyantap daging giling sebetulnya kebiasaan orang Tartar yang suka berkelana. Mereka membawa daging giling di bawah pelana kudanya lalu menyantapnya mentah-mentah setelah diperasi air jeruk. Kebiasaan ini mereka kenalkan kepada orang Jerman yang tinggal di Hamburg. Tetapi oleh mereka, daging giling dipanggang dahulu. Nah itulah yang kita kenal sekarang sebagai burger.

MEMBUAT BURGER

Daging giling sebetulnya hanya dibubuhi garam saja pun sudah bisa. Tetapi sering kali orang menambahkan cincangan bawang bombay, kecap inggris, dan pala.

Untuk membuatnya menyatu, ditambahkan telur dan tepung. Makin sedikit tepungnya, makin enak rasanya.

Tepungnya bisa tepung terigu, bisa juga tepung roti. Tepung roti pastilah lebih enak.

MEMANGGANG BURGER

Daging giling yang sudah dibumbui, dibentuk bulat pipih lalu dipanggang. Agar teksturnya berkaldu, ingat untuk melakukan hal berikut ini: • Bentuk daging tidak

terlalu tipis. • Panggang daging burger di atas bara api, bukan api yang menyalanyala. • Pemanggangan bisa juga di dalam pan. Jauhkan pan dari api dan pasang api sedang supaya daging cepat matang. Makin cepat matang, makin sedikit kaldu yang terbuang.

ROTI

Roti burger umumnya menggunakan roti bun yang bulat. Ukurannya bisa beragam. Kalau untuk kudapan saja, biasanya dibuat lebih kecil. Tetapi kalau untuk menu utama, roti dipilih yang besar.

SAUS:

Saus untuk burger biasanya saus tomat. Tetapi sering juga ditambahkan mayones dan kalau di sini, ditambahkan saus sambal.

PELENGKAP

Untuk menemani daging burger tadi, ditambahkan selada atau sayuran mentah lainnya, kadang tumisan jamur, keju, acar timun, dan bawang bombay. Bawang bombay bisa segar, bisa juga tumisan.

PENYAJIAN:

Penyajian burger biasanya selagi panas. Panasnya datang dari daging burger yang baru dipanggang dan roti yang juga ikut dipanggang sebentar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.