Warung Es Ahua

Saji - - Pelesir -

SEGARNYA ES JALI & ES PEPAYA Jl. Cik Ditiro, Lubuk Pakam, Kab. Deli Serdang Telp: 061-7956430

Saat cuaca cerah dan panas terik, minuman dingin tentu jadi pilihan banyak orang. Nah, Warung Es Ahua memberi solusi bagi mereka yang sedang kehausan dan ingin beristirahat sambil melepaskan keringat dengan aneka minuman segar yang disediakan.

Berbagai minuman yang dijual di warung yang sudah ada sejak 1985 ini tampaknya tidak biasa dan tak ada duanya di kota kecil seperti Lubuk Pakam. Namun beberapa jenis minuman biasanya disajikan di rumah-rumah warga peranakan Tionghoa di kota itu.

“Memang enggak bisa sembarang orang bikin minuman yang sering diminum orang Tionghoa. Nah, karena belum ada yang jual, maka saya terpikir untuk menjualnya,” tutur Ayen, pemilik warung.

Minuman yang ada di warung milik Ayen di antaranya es jali, es kelapa, es kacang hijau, es pepaya, es skoteng, es doger, dan lainnya. Selain aneka minuman segar, tersedia pula sajian misop yang mirip mi bakso. “Biasanya kalau sudah kenyang minum, orang yang datang menanyakan makanan. Saya pikir akan cocok kalau saya jualan misop,” imbuh Ayen.

Es jali yang berwarna putih terang dipadukan dengan biji teratai. Pemanisnya menggunakan gula pasir tanpa santan. Disajikan segar bersama es batu. Namun bagi yang suka minuman bersantan, bisa memilih es pepaya. Terbuat dari buah pepaya masak yang dikeruk memanjang hingga menyerupai spageti, lalu diberi kuah santan dan gula pasir. Rasanya sungguh mantap dan segar.

Untuk minuman lain dengan isi yang lebih bervariasi, tersedia es doger. Isinya terdiri dari kolang kaling, mata ikan, jagung, kelapa muda, pepaya serut, plus kuah bersantan dengan pemanis gula pasir, dan es serut. Harga minuman segar di warung ini rata-rata dihargai Rp 7 ribu hingga Rp 9 ribu.

Setiap harinya, Warung Ahua yang buka mulai pukul 09.00 hingga 18.00 WIB ini selalu ramai oleh pembeli yang datang dari berbagai kalangan lintas etnis. Menurut Ayen, setiap harinya ia mampu menjual hingga 500 gelas minuman.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.