MENYERTAKAN TALAS DALAM KUDAPAN

Saji - - Saji Kreasi -

Awalnya talas hanya digoreng, dikukus, atau dibuat getuk. Namun setelah kue-kue dari Thailand banyak masuk ke negeri kita, talas mulai naik daun. Kini talas digunakan untuk masakan, kudapan, atau hidangan penutup. Mari kenali lebih jauh.

Banyak daerah di Indonesia merupakan penghasil talas. Tetapi yang dikenal adalah Pontianak dan Bogor. Maka dikenallah talas pontianak dan talas bogor. Keduanya punya ciri khas. Misal yang talas pontianak lebih ungu warnanya dan lebih legit. Sementara yang bogor kurang ungu dan tidak selegit yang pontianak. Tetapi keduanya tetap enak. Jadi keduanya bisa dipilih untuk dibuat kudapan, masakan, atau hidangan penutup.

MEMILIh TALAS • Kalau masih bertanah, pilih yang tanahnya tidak kering. Yang sudah kering, kemungkinan sudah lama dipetik. • Kalau sudah bersih, pilih yang kulitnya mulus tidak berlubang-lubang.

PErSIAPAN TALAS Sebelum diolah, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan. • Pertama, tentu mengupasnya. Getah talas bisa membuat gatal karena itu kupas sebelum dipisahkan dari batangnya sehingga ketika dikupas, kita bisa memegang batangnya, bukan talasnya. • Cuci dengan air garam atau garam supaya getahnya betul-betul hilang. Dengan begitu ketika dimakan tidak gatal rasanya. • Dikukus Talas yang akan diolah jadi hidangan biasanya dikukus dahulu. Potong 4 talas dan kukus hingga matang. Karena dipotong, talas akan cepat matang. Kalau cepat matang, penyerapan airnya tidak terlalu banyak.

OLAhAN TALAS: • Digoreng Bisa dalam potongan besar atau kecil jadi keripik. Keduanya bisa dibalut gula (dibesta). Talas yang dipotong korek api juga sering diadoni dan dibentuk bola-bola jadi uyen, kudapan tradisional orang Tionghoa. • Dikukus Dibuat getuk, dibuat bubur, kroket, atau pelengkap hidangan seperti kue sumping. Talas kukus yang dilumatkan juga sering jadi isi mochi atau isi cake.

MENYIMPAN TALAS Talas tidak usah disimpan di dalam lemari es. Simpan di suhu ruang di dalam keranjang terbuka.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.