Kue Balok Jibeuh Bandung

Kue balok khas Jawa Barat yang satu ini punya beberapa keistimewaan. Pertama, ukurannya yang jumbo. Kedua, tersedia dalam beragam warna dan rasa. Ada yang berwarna hijau, ungu, bahkan hitam. Seperti apa rasanya?

Saji - - Sapa - TEKS & FOTO MIFTAKH F. • VISUAL MICHAEL WILLIAM

Jika penasaran dengan rasa kue balok jumbo yang berwarna-warni menarik ini, datangg saja ke kedai Kue Balok Jiebuh yang terletak di Riau Junction Bandung. Kedai mungil ini bisa dijumpai tak jauh di bagian selasar sebuah swalayan. “Kami siapkan beragam kue balok yang berbeda, baik rasa maupun penampilannya,” jelas Nicky Setiadi (27), sang pemilik usaha.

Nicky menawarkan 12 varian kue balok. Original, cokelat, kismis, durian, pandan keju, hingga beberapa rasa yang sedang tren seperti taro, greentea, red velvet, bahkan kue balokk berwarna hitam legam.

Kue balok pandan dan greentea tampil hampir serupa dengan warna hijau. Namun aroma dan rasanya tentu berbeda. “Untuk varian pandan bisa ditambahkan toping cokelat atau keju, sementara varian greentea saya beri filing dan toping Nutella atau Ovomaltine,” jelas Nicky.

Sementara itu, varian red velvet tampil dengan warna merah, taro berwarna ungu, kue balok cokelat yang diberi bubuk cokelat dalam adonannya, hingga kue balok hitam pekat yang menggunakan arang bambu jepang. “Semuanya bisa ditambahkan filing dan toping Nutella, Ovomaltine, keju, cokelat, durian, bluberi, stroberi, atau keju dan almon,” imbuhnya.

Kue Balok Jibeuh dijual dengan harga Rp 3 ribu per buah untuk rasa original. Varian lainnya yang berwarna-warni, harganya Rp 4 ribu - Rp 5 ribu per buah. Namun menyantap satu buah kue saja sudah cukup mengenyangkan karena ukurannya yang jumbo. “Makanya disebut jibeuh alias hiji seubeuh. Dalam bahasa Sunda, artinya satu saja sudah kenyang,” seloroh Nicky.

Beroperasi sejak September 2016 lalu, Kue Balok Jibeuh buka setiap hari mulai pukul 09.00 - 21.00 WIB. Nikcy menjamin, kue balok buatannya akan tetap terasa enak meskipun disimpan selama dua hari. “Teksturnya tetap empuk dan rasanya dijamin tetap enak,” pungkasnya sambil berpromosi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.