Pai Perancis Yang gUrih & LembUT

Saji - - Ulas Tuntas -

Quiche (dibaca, kish) adalah pai gurih dengan isian utama custard lembut yang dicampur daging. Kadang ditambahkan sayuran dan atau keju. Quiche memang terkenal sebagai makanan khas Lorraine, sebuah daerah di Perancis. Itu sebabnya diberi nama quiche lorraine. Tetapi sebenarnya makanan ini tercipta di Lothringen (sekarang Lorraine) yang di abad pertengahan masih dalam kekuasaan kerajaan Jerman. Itulah sebabnya diberi nama ‘quiche’, mengambil kata ‘kuchen’ yang dalam bahasa Jerman berartirti ‘cake’.

Qui Quicheh Lorraine sendiri aslinya cuma berupa pai yang diisi custard dari telur dan krim dengan isi utama smoked bacon. Baru kemudian orang menambahkan keju ke dalamnya. Biasanya, gruyere yang jadi pilihan. Sekarang, quiche banyak variasi tergantung isinya. Kalau memakai bawang bombay disebut sebagai “alsacienne”, dengan bayam disebut “florentine”, atau “provencale” kalau kita memasukkan tomat. sariasi isian quiche biasa juga ditambah brokoli, jamur, atau kerang laut. Ada juga quiche versi vegetarian.

Di Perancis atau negara-negara Eropa lain, quiche termasuk hidangan yang sangat fleksibel dikonsumsi kapan pun, saat makan siang, makan malam, atau bisa juga sebagai snack sore hari. Saat menjadi menu utama, quiche biasa ditemani oleh sajian salad. Penasaran ingin membuat quiche sendiri? Kami sudah sediakan resepnya berikut ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.