DATANGKAN SAYURAN KHUSUS DARI MANADO

Saji - - Aneka Rupa -

Kendati berprofesi sebagai PNS yang berkantor di kawasan Gajah Mada, Jakarta, tak membuat Tairan Matulandi (54) meninggalkan dunia masak yang dicintainya. Dari hobi masaknya itu, khususnya masakan manado, tak terasa sudah 15 tahun perempuan yang kerap disapa Neni ini menggeluti dunia katering masakan khas Manado.

“Awalnya saya masak hanya untuk dibawa ke kantor saja, dimakan bersama teman-teman kerja. tapi seiring waktu berkembang jadi katering dan punya kantin,” kisahnya.

Menu khas seperti ikan masak woku menjadi andalannya. Pilihan ikannya ada kerapu, kakap putih, dan tude atau ikan kembung mata besar. Menu ikan laut memang menjadi kegemaran masyarakat Manado.

Selain woku, Neni juga punya menu ikan bakar khas Manado yang menggunakan ikan salem atau tude. Bumbunya sederhana saja, hanya jeruk nipis dan garam, lalu disajikan bersama sambal dabu-dabu yang segar.

“Yang paling penting, bahan dasar ikannya harus bagus dan segar. Saya sudah ada pemasok ikan segar berkualitas ekspor. Bahan-bahan yang saya gunakan harus berkualitas karena akan menentukan rasanya,” urainya.

Cakalang rica juga tak kalah banyak penggemarnya. Neni menggunakan cakalang berjenis baby tuna bermotif garis karena menurutnya paling enak rasanya. “Ikannya diasap dulu, setelah itu disuwir-suwir dan dimasak bersama bumbu rica,” tandasnya.

Olahan cakalang buatannya memang luar biasa. Misalnya, mi cakalang yang berkuah gurih menggunakan kaldu ikan, namun tanpa aroma amis. Masih banyak ragam menu khas Manado yang ia tawarkan, seperti tumis bunga pepaya, tumis jantung pisang, sup kacang merah (brenebon), hingga bubur manado.

Ada pula beberapa menu sayuran yang bahannya khusus didatangkan dari Manado seperti daun gedi dan daun lelem. “Jenis masakan ini harus pesan dulu supaya bisa dikirimkan bahannya dari Manado,” jelasnya.

Jajanan seperti panada, klappertart, hingga pisang dengan cocolan sambal ikan roa pun bisa dipesan. Neni mematok harga per porsi mulai Rp 35 ribu. Layanannya bisa berupa prasmanan atau nasi boks. Minimal pemesanan dilakukan 3 hari atau seminggu sebelumnya untuk konsep prasmanan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.