ANDALKAN MASAKAN & KUE BERCITA RASA OTENTIK

Saji - - Aneka Rupa -

Sejak 3 tahun lalu, katering khusus masakan Aceh milik Astrid Enricka Dhita terbiasa menyajikan makanan untuk arisan, open house Lebaran, atau sekadar kumpul keluarga masyarakat Aceh yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya.

Ada beberapa jenis menu khas Aceh yang ditawarkan. Yang utama adalah nasi guri atau nasi lemak. Berasnya dimasak bersama santan dengan banyak rempah, terutama serai dan bunga kecombrang.

Sebagai lauk pelengkap nasi guri, kata Astrid, orang Aceh biasanya menyajikan sayur buncis taoco udang, ayam tangkap, sie reuboh, keumamah, manok bak kala (ayam bakar kecombrang), sayur pliek u, dan sambal asam udeung.

Tak semua menu ini dikenali dan hanya diketahui oleh orang Aceh asli saja. “Sie reuboh mirip rendang, tapi tanpa santan dan rasanya asam segar. Bahan utamanya daging sanding lamur yang berlemak, dimasak lama hingga berwarna gelap. Rasa segarnya berasal dari cuko gampong,” papar Astrid.

Tak mudah mendapatkan cuko gampong di Jakarta. Menurut Asrid, cuko gampong hanya bisa didapat di pasar tradisional di Aceh. Cuko ini terbuat dari aren dan tak selalu ada setiap saat. “Kalau ada yang pesan sie reuboh, harus pesan cuko gampong jauh-jauh hari. Mengirimnya ke Jakarta juga tak mudah karena bentuknya cairan yang dikemas dalam botol plastik seadanya.”

Ada pula keumamah, terbuat dari ikan kayu atau ikan yang dikeringkan hingga keras seperti kayu. Cara memasaknya, ikan direndam air panas hingga lunak, diris tipis, diberi bumbu sambal balado dan asam tunggi (belimbing wuluh). Rasanya pedas dan segar.

Sayur pliek u tak kalah unik. Tak semua orang bisa memasaknya dengan baik. Masakan khas mirip sayur lodeh ini diberi bumbu ampas kelapa yang difermentasi (pliek u). Bentuknya bundar seperti bola, warnanya cokelat gelap beraroma tengik.

Namun di situlah letak kelezatan pliek u yang dipakai sebagai bumbu sayur yang mirip lodeh ini. Sayuran yang digunakan bisa apa saja, umumnya nangka muda, labu siam, terung ungu, daun melinjo, dengan tambahan udang.

Bumbu unik lain yang juga kerap digunakan dalam masakan khas Aceh adalah kelapa gongseng atau u neu lheu dan sambal asam udang (sambal ganja).

Untuk kuenya, Astrid menyediakan timphan. Mirip nagasari, namun kue ini terbuat dari adonan ketan yang dicampur selai srikaya. “Kuenya dibungkus daun pisang, dibentuk memanjang selebar dua jari.”

Selain menyediakan menu per porsi, Astrid juga menyediakan menu prasmanan. Harga per porsinya Rp 80 ribu-Rp 200 ribu, tergantung kelengkapan lauknya. Untuk paket prasmanan, minimal pesanan 100 porsi. AYAM TANGKAP ATJEH RAYEUK Jl. Ciranjang No. 38, Kebayoran Baru, Jakarta Jl. Kebagusan 1 No. 45, Jakarta Instagram: @AyamTangkapAr Telp: 0856 7700 892

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.