Tipat Tahu Gerenceng

Saji - - Pelesir -

KETUPAT TAHU BERBUMBU KACANG PEDAS Jl. Dr. Sutomo No. 9, Denpasar, Bali Buka: pukul 09.00-21.00 WITA

Warung pinggir jalan yang sudah ada sejak era 1960-an ini dikelola oleh Ngatinah yang berasal dari Malang. Bersama suaminya, ia berdagang tipat (ketupatf tahu di sekitar Banjar Gerenceng, Denpasar. Seiring waktu, pelanggannya kian meningkat jumlahnya hingga akhirnya mereka membangun warung yang bertahan hingga saat ini.

Pada umumnya, penjaja tipat tahu akan menyiramkan saus kacang yang sudah jadi ke atas potongan tipat, tahu, dan taoge rebus, lalu ditaburi potongan cabai dan bawang goreng. Namun melihat Ngatinah membuat tipat tahu, bisa jadi akan mengingatkan Anda pada penjual ketoprak di Jakarta atau tahu telur di Surabaya.

Ya, di warung ini Ngatinah meracik bumbu tipat di masing-masing piring. Kacang tanah yang sudah digoreng dihaluskan bersama cabai dan garam. Cita rasanya agak mirip dengan bumbu kacang ketoprak. Dengan cara penyajian seperti ini, sepiring tipat tahunya jadi terasa lebih fresh dan kaya rasa di lidah.

Bagi yang tak terlalu suka rasa pedas, bisa memesan bumbu sesuai selera. Sebaliknya, bagi penggila pedas, bisa menambahkan taburan irisan cabai rawit yang tersedia di dalam wadah sambal di setiap meja. Sepiring tipat tahu beserta telur dadar dan es jeruk, hanya Rp 14 ribu saja.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.