PELESIR: SOLO, JAWA TENGAH

Saji - - Halaman Depan -

NUANSA MEWAH, HARGA RAMAH Buka pukul 08.00 – 22.00 WIBJl. Supomo no 55, Mangkubumen, Solo, Telp: 0271-737379

Tempatnya terkesan mewah dan klasik karena RM Pecel Solo menggunakan banyak ornamen antik bernuansa khas Jawa. Tak hanya itu, menu yang tersedia di sini juga sangat khas Jawa, yakni sajian nasi pecel.

RM Pecel Solo milik Hengly Herendra ini berdiri sejak 2004. Tersedia dua jenis menu pecel sebagai sajian utamanya. Yakni pecel solo yang menggunakan sambal kacang dan pecel ndeso yang menggunakan sambal wijen yang berwarna hitam. Menu khas lainnya, ada garang asem ayam dan nasi liwet yang merupakan masakan khas Solo, gudeg, sampai ketupat sambal.

Menyantap pecel berarti menikmati sayur-mayur. Dalam satu porsinya terdapat tak kurang dari 10 jenis sayuran. Seperti kuntut (jantung pisang), bunga turi, kenikir, kacang panjang, daun singkong, daun pepaya, kecambah, bayam, mbayung (lembayung), dan kecipir. Sedangkan pecel ndeso masih ditambah lalapan mentah.

Lauk pelengkapnya tak kalah beragam dan sangat khas Jawa. Seperti tahu dan tempe bacem, empal, dan ayam goreng kemiri. Untuk nasinya, tersedia nasi merah yang pas disajikan untuk menemani seporsi pecel ndeso yang disiram bumbu sambal wijen.

Menurut sang pemilik, wijennya didatangkan dari India. “Wijen dari India memiliki cita rasa dan aroma khas tersendiri dibandingkan wijen lokal,” ujar Hengky. Cita rasa sambal wijennya lebih pedas dibandingkan sambal kacangnya.

Pengunjung yang memilih menu pecel ndeso, biasanya warga Tionghoa dan orang-orang tua asli Solo. Mereka rata-rata menetap di kota-kota besar. Semasa masih tinggal di desa, mereka punya kebiasan menyantap pecel sambal wijen. Jadi, mereka memang sudah akrab dengan pecel ndeso.

Dengan desain rumah makan yang terkesan mewah, bukan berarti menu yang disajikan menjadi mahal. Apalagi harga nasi pecelnya tak jauh berbeda dengan nasi pecel di warung pinggir jalan atau lesehan. Di RM Pecel Solo, pengunjung cukup mengeluarkan uang Rp 9.500 untuk menu pecel solo dan Rp 11 ribu untuk pecel ndeso.

Kendati belum tergolong legendaris, RM Pecel Solo telah dikenal sebagai salah satu destinasi kuliner khas Solo. Rumah makan yang buka pukul 08.00 WIB dan tutup pukul 22.00 WIB ini juga kerap dikunjungi artis ibukota. Biasanya akan dijejali pengunjung di jam makan siang dan makan malam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.