Dawet Telasih Bu Dermi

Saji - - Pelesir -

TIGA GENERASI CEGAH PANAS DALAM Buka pukul 08.00 – 15.00 WIB Pasar Gede, Solo Telp: 0271-622 552 / 0812 265 0302

Memasuki area Pasar Gede Hardjonagoro, Solo, pengunjung akan menjumpai banyak penjual minuman penyegar khas Kota Solo, yakni dawet telasih. Salah satu yang paling legendaris adalah Dawet Telasih Bu Dermi, yang terletak agak masuk di dalam pasar.

Dawet Telasih Bu Dermi ada bersamaan dengan dibukanya Pasar Gede pada 1930. Saat itu, sang pemilik pertama, Mbah Harjo membuka lapak yang hanya sepetak untuk berjualan dawet telasih. Tempatnya sempit dan hanya tersedia satu bangku yang tak terlalu panjang. Para pembeli yang tak kebagian tempat duduk, rela berdiri demi menikmati semangkuk dawet telasih.

Kini, Ruth Tulus Subekti yang melayani para pembeli dawetnya, yang terus berdatangan sejak warung buka pukul 08.00 pagi sampai tutup di sore hari pukul 15.00 WIB. Ruth adalah cucu Mbah Harjo, sekaligus generasi ketiga pemilik usaha Dawet Telasih Bu Dermi.

Dawet telasih merupakan perpaduan cendol, jenang sumsum, gula asli, santan tanpa pengawet, ketan hitam, dan tape ketan. Yang membuatnya istimewa adalah penambahan biji selasih atau biji bunga kemangi di dalamnya.

Pohon kemangi yang dipilih pun tak sembarangan, tetapi yang berwarna ungu. Sedangkan pewarna hijau pada cendolnya, menggunakan daun suji. Sehingga dawet telasih merupakan minuman yang tak mengandung bahan kimia sama sekali.

Adanya biji selasih ini menjadikan dawet telasih bukan sekadar minuman yang menyegarkan, tapi juga bisa membantu menyembuhkan panas dalam. Bagi yang menderita seriawan, bisa menikmati dawet untuk menyembuhkan sakit sekaligus merasakan kesegarannya. Sebab dalam pengobatan herbal, biji selasih juga banyak tersedia di toko-toko obat tradisional.

Sajian dawet telasih ini bisa ditambahkan es batu ataupun tidak, dengan harga Rp 8 ribu per mangkuk. Bila ditambah tape ketan, harga semangkuknya menjadi Rp 9 ribu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.