CITA RASA KHAS MAKANAN SUNDA

Saji - - Pelesir -

Jl. Rawa Karang Tengah Salaaw, Cibadak, Sukabumi Buka pukul 09.00 – 16.00 WIB Telp: 08158 6120 527

Saat berkunjung ke Sukabumi, tentu tak afdal bila belum menikmati aneka sajian khas Sunda. Salah satu yang menyediakan menu khas Sunda cukup otentik adalah Kedai Sari Raos. Kendati kedai ini sangat sederhana, namun cita rasa masakannya sungguh menggugah selera.

Sri (62), pemilik kedai, setiap hari menyediakan masakan rumahan yang berbeda setiap harinya. “Agar pelanggan tidak bosan. Jadi mereka seperti sedang bersantap di rumah sendiri,” ungkap Sri yang membuka kedainya sejak 7 tahun lalu.

Sajian yang tersedia di sini di antaranya serba pepes/pais, seperti pepes ayam, pepes tahu, pepes oncom, pepes ikan mas, serta soto sukabumi, sup, semur, ayam goreng, dan aneka sambal berikut lalapannya, yang terdiri dari mentimun, daun selada, daun pohpohan, daun dewa, dan daun tespong.

Agar semua makanan terjaga kebersihannya, Sri menata berbagai masakan di atas piring saji di balik lemari kaca etalase kedainya. Yang paling jadi favorit di kedai ini adalah ayam goreng buatan Sri. Menyantap ayam goreng dengan nasi panas dan sambal terasi dadak, sungguh nikmat rasanya.

“Semua bahan sambalnya, cabai rawit, bawang merah, tomat, gula merah, dan terasi, digoreng dulu supaya harum dan tidak bikin sakit perut,” ujar Sri yang pernah menjadi juru masak di rumah dinas gubernur DKI Jakarta era Sutiyoso.

Rasa sambal terasinya paduan asam, manis, dan pedas yang segar. Sangat pas disandingkan dengan lalapan mentah. Seporsi ayam goreng plus nasi, sambal dan lalapan, harganya Rp18 ribu.

Aneka pepes di kedai ini juga memiliki cita rasa yang juara. Bumbunya menggunakan kelapa parut, kemiri, bawang, dan irisan cabai. Agar semakin beraroma, bahan pepesnya disertai daun salam, daun kemangi, daun bawang, dan wortel parut. Rasanya gurih dan harum. Harga pepesnya Rp 10 ribu per bungkus.

Jangan lupa cicipi pula sotonya yang khas sukabumi. “Soto ala Sunda pakai sedikit santan, jadi kuahnya tidak terlalu kental. Wajib diberi daun salam dan perasan jeruk limau biar segar,” terang Sri. Sotonya berisi suiran daging ayam dan tauge, dilengkapi acar mentimun dan wortel yang segar. Harga per porsi soto plus nasi, Rp 12 ribu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.