PEPES AYAM UTUH UNTUK ANTARAN

Saji - - Insipirasi -

PePes ayam CeuCeu Jl. riang gembira no. 59b, nanggulan, maguwoharjo, Depok, sleman, yogyakarta Telp/Wa: 0878 6336 0006 instagram: @pepesayamceuceu Line: @pepesayamceuceu

Pepes buatan pasangan Oviani Bravista Dandel (29) dan Rizal Yan (27), agak berbeda dengan kebanyakan pepes yang ada di Yogyakarta. Rasa rempahnya yang kuat dan tekstur yang kering membuat pepes yang diberi nama Pepes Ayam Ceuceu ini lebih condong ke pepes ala Sunda.

“Penggunaan bumbunya pada dasarnya sama dengan pepes lainnya dan diberi tambahan daun kemangi,” ujar Oviani. “Hanya saja, takaran rempahnya kami buat lebih mantap agar sesuai dengan rasa yang kami inginkan.”

Setelah dikukus, pepesnya dibakar untuk memberi aroma asap pada cita rasa pepesnya. Menu yang sulit ditemui di tempat lain adalah pepes ayam utuh. Yakni pepes ayam utuh kampung seharga Rp 120 ribu dan pepes ayam utuh broiler seharga Rp 72 ribu.

Oviani menggunakan ayam utuh seberat 9 ons hingga 1 kg dalam setiap bungkus pepesnya. Menu ini kerap dipesan oleh keluarga atau berbagai instansi untuk dijadikan antaran dan bingkisan. “Sering dipesan pada saat Lebaran, Natal, atau Imlek,” imbuh Rizal yang membantu di bidang marketing.

Selain ayam utuh, Pepes Ayam Ceuceu juga menyediakan varian pepes lain, seperti ceker, kepala ayam, ati ampela, tahu, hingga ikan dan cumi. Tiap jenis pepes dibuat dalam porsi besar.

Misalnya, pepes ceker ayam yang satu porsinya berisi 20 ceker ayam, yang harganya Rp 45 ribu. Sedangkan pepes ikan kerapu, satu porsinya terdiri dari 3 ikan dengan total berat 600 gram yang dibanderol Rp 76 ribu.

“Bumbu dasar pepesnya sama, hanya pengolahan sebelum dibuat pepes saja yang berbeda, terutama untuk ikan,” ujar Oviana. Uniknya, Pepes Ayam Ceuceu juga menawarkan tingkat kepedasan sesuai pesanan. “Untuk ekstra pedas, bumbunya ditambah 10 cabai.”

Saat ini, Oviani dan Rizal masih berjualan secara online, terutama via Instagram. Ke depannya, Oviani dan Rizal ingin melayani penjualan pepes dalam porsi kecil dan tanpa minimal pemesanan. “Dijualnya satu paket dengan nasi, agar praktis,” pungkas Rizal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.