Mengenal Ragam Minyak & Kegunaannya

Saji - - News - TEKS InTan yS | FOTO dOK. SajIanSEdap, ISTIMEwa | VISual MICHaEl w. a.

Minyak Zaitun

Terbuat dari buah zaitun, dengan warna bening kehijauan. Banyak digunakan untuk menumis berbagai masakan dan sebagai dressing salad. Ada beragam jenis minyak zaitun berdasarkan proses pemurniannya (proses pemanasan). Dari extra virgin, virgin, light, dan pure. Yang berlabel extra virgin dan virgin, termasuk kategori mentah (tak mengalami proses pemurnian).

Minyak Kedelai

Minyak nabati terbuat dari biji kedelai. Sering disebut minyak sayur dan banyak digunakan untuk menggoreng berbagai bahan makanan. Juga kerap digunakan untuk menumis dan sebagai dressing salad. Disarankan menggunakan api kecil ketika menggunakan minyak kedelai untuk memasak.

Minyak Jagung

Hasil ekstraksi biji jagung. Banyak digunakan untuk menggantikan minyak kelapa sawit untuk menggoreng berbagai jenis makanan. Termasuk ke dalam golongan minyak yang memiliki kandungan lebih sehat dibandingkan minyak kelapa sawit. Minyak adalah bahan utama untuk menggoreng berbagai bahan makanan. Pada umumnya minyak goreng terbuat dari sumber nabati buah kelapa sawit. Seiring waktu, ada begitu banyak jenis minyak lain yang terbuat dari berbagai sumber berbeda.

Minyak Kelapa

Terbuat dari buah kelapa. Warnanya bening, cenderung tak berwarna. Lebih sehat dibandingkan minyak kelapa sawit. Dapat digunakan menggoreng berkali-kali, tanpa cepat mengubah warna minyak jadi gelap. Minyak kelapa murni (virgin coconut oil) banyak dikonsumsi sebagai obat tradisional yang berkhasiat bagi kesehatan dan kecantikan.

Minyak Goreng

Pada umumnya terbuat dari buah kelapa sawit. Paling banyak digunakan dalam rumah tangga dan industri kuliner, sebagai bahan utama untuk menggoreng berbagai jenis makanan. Juga untuk menumis berbagai masakan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.