LEGITNYA SATE TULANG PUNGGUNG AYAM

Sate Tulang & Soto Banjar Eldorado

Saji - - Pelesir -

Jl. Boulevard Raya Kelapa Gading, kafe tenda Apartemen Wisma Gading Permai, Jakarta Utara 14240, Telp: 0878 8866 7676

Pernahkah Sajiers mencicipi sate tulang khas Banjarmasin, Kalimantan Selatan? Bila penasaran, silakan mampir ke warung tenda Sate Tulang & Soto Banjar Eldorado, yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Usaha milik Eddie Isman ini telah dibuka pasca era reformasi, pada 1999. “Dulu, sekitar 1960-an sebenarnya oma dan opa saya sudah pernah buka warung tenda juga di daerah Jalan Gajah Mada. Tapi tutup dan baru diteruskan lagi oleh bapak saya,” ujar putra Eddie Isman, Stevanus Isman.

Tampilan sate tulang sungguh menggoda. Terbuat dari bahan punggung ayam, dengan ukuran sate yang yang terbilang cukup besar dari sate biasanya. Cita rasanya cenderung manis, berasal dari saus sambal yang diberi kecap dan dibalurkan ke permukaan sate sebelum proses pembakaran.

Selain punggung ayam, pada tusukan satenya disisipkan pula potongan daging dan kulit ayam, sehingga lemak yang keluar dari hasil pembakaran terasa juicy dan gurih. Proses pembakaran sate tulang dilakukan 2 kali.

Setelah dibersihkan, punggung ayam dimarinasi dengan bumbu garam, gula pasir, dan merica. Punggung ayam lalu disusun pada tusukan sate dan dibakar setengah matang lalu disisihkan. Proses pembakaran kedua dilakukan pada saat sate dipesan pembeli.

“Kalau proses pembakarannya hanya satu kali, matangnya lama. Proses pembakarannya bisa sampai 20 menit,” jelas Stevanus. Agar matangnya cepat, lanjutnya, sate tulang dibakar di atas arang batubara.

Seporsi sate tulang berisi 10 tusuk, harganya Rp 40 ribu. Sebagai pelengkapnya, sate tulang disajikan bersama saus sambal dan perasan jeruk limau untuk menambah rasa segar. Selain sate tulang, di kedai ini juga tersedia menu lain, seperti sate kulit, brutu, sayap, ayam bakar, dan soto ayam banjar. Harga per porsi menu lain ini bervariasi, antara Rp 25 ribu sampai Rp 40 tribu. Kedai sate dan soto banjar buka setiap petang hingga malam, pukul 18.00-23.00 WIB.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.