Sediakan Sembako Murah Untuk Warga Jakarta

Pada Minggu (11/6) pagi lalu, Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia (HIPPI) menyelenggarakan kegiatan ‘Sunday Market’ di momen Car Free Day. Acara yang rutin diadakan tiap bulan selama Ramadaa ini, berlangsung di area parkir barat Sarinah Departement Store

Saji - - Aktual - TEKS & fOTO dIAN A. | VISUAL MIcHAEL W.A.

PadaPd acara S Sundayd M Marketkt yang di digelarl padad Minggu (11/6) lalu, pihak penyelenggara menyediakan sembako (sembilan bahan pokok) murah bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Ayu Oktavia, Wakil Ketua Umum UKM & Koperasi DPP HIPPI mengatakan, acara ini menjadi salah satu upaya agar masyarakat Jakarta bisa mendapatkan harga sembako murah di bulan Ramadan atau menjelang Lebaran.

“Kita tahu, harga pangan di bulan Ramadan dan menjelang Lebaran biasanya meningkat,” ujar Ayu seraya mengatakan, bahan sembako yang dijual di acara Sunday Market disediakan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog).

Produk pangan yang dijual cukup beragam, dari beras, minyak, gula, terigu, hingga bumbu dapur seperti bawang merah dan bawang putih. Bahkan produk hewani, seperti daging ayam, daging sapi, dan telur ayam pun ikut dipasarkan.

Dalam kegiatan ini, Perum Bulog menyediakan 3 ribu paket sembako. Yakni 1 kg gram gula pasir yang dijual Rp 12,5 ribu dan beras 5 kg harganya Rp 47,5 ribu. Sedangkan daging sapi, dijual seharga Rp 80 ribu per kilogram.

“Ada juga sembako murah yang dijual setengah harga. Misalnya, satu kilogram gula dan minyak harga jualnya jadi Rp 6.500,” jelas Ayu. Namun jumlah sembako yang dijual separuh harga ini hanya tersedia 250 paket saja. Sehingga, konsumen yang ingin mendapatkannya, harus datang sejak pagi hari. “Kalau tidak kebagian, panitia masih menyediakan sembako harga normal,” tambahnya.

HARGA LEBIH MURAH

Salah seorang warga Rawamangun, Jakarta Timur, Lukman (38) mengaku tidak mendapatkan sembako setengah harga. Namun menurutnya, harga produk pangan yang ditawarkan di acara Sunday Market masih terbilang ekonomis.

“Beda harganya enggak terlalu jauh dengan yang dijual di pasar atau supermarket, tapi tetap lebih murah di sini,” kata Lukman. Ia pun merasa terbantu dengan adanya kegiatan sembako murah ini. Selain Lukman, pengalaman ini ikut dialami warga Kali Pasir, Yaya (52). “Tadi saya datang agak kesiangan. Jadi sembako setengah harganya sudah habis. Ya, saya beli yang harga normal saja,” kata Yaya.

Meski begitu, Yaya tetap merasa bersyukur karena dengan uang kurang dari Rp 50 ribu, ia sudah bisa mendapatkan 2 liter minyak goreng dan 2 kg gula pasir. “Untungnya lagi, antre untuk mendapatkan sembakonya tidak terlalu lama,” timpalnya.

Penjualan sembako murah ini dilakukan langsung dari mobil boks bertuliskan Toko Tani Indonesia. Ada tiga buah mobil boks yang terparkir di lokasi Sunday Market untuk melayani warga Jakarta yang ingin membeli sembako murah.

Selain sembako murah, di sini juga diadakan bazar oleh para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Ada sekitar 20 tenan yang berpartisipasi dan menjajakan aneka perabotan rumah tangga, hingga beragam jenis makanan tradisional seperti nasi pecel dan pempek.

SUNDAY MARKET, JAKARTA

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.