SEGARNYA SAYUR ASEM & BAKWAN UDANG

Sayur Asem Mpok Nasah

Saji - - Pelesir -

Jl. Meruya Selatan No. 26, Joglo, Kembangan, Jakarta Barat Telp: 021-9971 6543

Cat warna hijau yang dominan, menjadi salah satu penanda rumah makan sederhana bernama Sayur Asem Mpok Nasah. Tempat makan khas Betawi ini lokasinya tak jauh dari pertigaan Jalan H. Saaba. Warung milik wanita yang biasa disapa Mpok Nasah ini selalu ramai pelanggan setiap harinya, terutama di siang hari.

Sesuai namanya, tentu saja menu yang jadi favorit dan andalan di sini adalah sayur asem. Semangkuk sayur asem yang dihargai Rp 6 ribu ini berkuah bening dengan cita rasa gurih asam yang segar.

Apalagi, aromanya semakin istimewa dengan tambahan irisan jengkol di dalamnya, di samping labu siam, nangka muda, terung hijau, jagung manis, kacang panjang, tekokak, dan kacang tanah yang direbus bersama kulitnya. Uniknya, cara memasak sayur asemnya masih terbilang konvensional, yakni dengan kayu bakar.

Dalam sehari, Nasah bisa mengolah 3-5 panci besar berisi sayur asem. Hidangan favorit lainnya yang selalu jadi buruan pelanggan adalah bakwan udangnya. Rasanya gurih, renyah, dan jumlah udangnya cukup berlimpah. Saking diminatinya, Nasah mampu mengolah lebih dari 13 kilo gram udang setiap harinya. Satu buah bakwan udang harganya Rp 10 ribu. Sangat lezat disantap bersama sambal terasi yang pedas.

Dengan konsep self service, pengunjung bisa dengan leluasa mengambil nasi dan laukpauk sesuai yang diinginkan, kecuali sayur asem yang akan diantar ke meja oleh pelayan warung. Selain bakwan udang dan sayur asem, ada begitu banyak pilihan lauk pauk yang tersaji dalam lemari kaca. Di antaranya semur jengkol, jengkol balado, ikan goreng, tempe orek, hingga tumis pare.

Warung Mpok Nasah buka pukul 10.00-14.00 WIB. Jika Sajiers ingin mencicipinya, sebaiknya datang lebih awal karena semakin siang persediaan makanan di sini semakin menipis.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.