Meningkatkan Penjualan Untuk Usaha Pesanan Pastel Tutup

Saji - - Peluang Usaha -

Bu Wulan, Beberapa bulan ini saya sudah menjalankan pesanan pastel usaha kecil-kecilan, yaitu menerima pesanan saja tutup. Saya baru berani menerima besar untuk karena kondisi saya tidak punya modal juga takut buka booth atau gerai. Selain itu, saya dengan modal risikonya jika langsung buka usaha yang sudah besar, walaupun ada beberapa pihak menawarkan pinjaman. saja, hasil Oleh karena baru menerima pesanan besar. Dalam penjualan pastel tutup saya tidaklah pesan pastel waktu 1 minggu hanya 2-3 saja yang dan hanya tutup. Apakah jika tidak buka gerai tak bisa menerima pesanan saja penjualannya besar? Apakah memungkinkan mengembangkan pesanan usaha lebih maju dengan hanya menerima ya, Bu. Terima saja? Mohon masukan dan sarannya, kasih. Raslina Mutiara – Tangerang Dear Mbak Raslina, Memulai usaha dengan menerima pesanan merupakan salah satu langkah yang bisa dilakukan bagi pemula. Dengan menerima pesanan di rumah, banyak risiko yang bisa ditekan. Seperti penggunaan modal investasi yang besar dan risiko produk tak laku terjual. Langkah Anda memulai usaha ini sudah tepat, kok. Hanya saja masih perlu pembelajaran dan penyesuaian lebih lanjut. Perlu diketahui, untuk semua jenis usaha baik berbentuk gerai, titip jual atau menerima pesanan, usaha yang baru saja dimulai tidak otomatis langsung laris manis. Butuh proses dan waktu untuk membuat produk lebih dikenal dan disukai oleh banyak pembeli. Jadi untuk mengawali usaha, Anda perlu mempersiapkan mental terlebih dulu dan menyadari bahwa membuat produk laris perlu upaya keras. Dengan memahami kondisi ini, tentu bisa membuat Anda lebih tenang dan dapat melakukan sesuatu agar produk yang dijual bisa meningkat pada setiap tahapan waktu. Meski usaha fokus hanya pada menerima pesanan pastel tutup, tentu dapat berkembang lebih besar. Hanya saja, Anda perlu menentukan dan mengatur strategi untuk mengembangkan usaha. Nah, berikut ini adalah beberapa saran yang bisa Anda lakukan untuk mengembangkan usaha pastel tutup:

1. PELAJARI KEINGINAN TARGET PELANGGAN

Jika Anda sudah menjalankan menerima pesanan selama beberapa bulan, Anda tentu mengetahui jenis pesanan yang paling banyak diminati. Dalam hal ini jenis pastel tutup yang paling disukai, ukuran pastel yang paling banyak dipesan, atau lainnya. Selain itu, Anda bisa melakukan komunikasi dengan pelanggan untuk mengetahui yang mereka harapkan pada produk pastel tutup. Seperti penambahan topping, isi dengan modifikasi modern, dan masukan lain. Sehingga Anda bisa lebih menyempurnakan produk. Sempurna dalam hal ini adalah sesuai dengan keinginan dan harapan mayoritas pelanggan.

2. SESUAIKAN VARIAN PRODUK

Dengan berbagai masukan yang didapat dari pelanggan selama ini, Anda dapat membuat beberapa varian produk dengan modifikasi baru. Tak hanya dari sisi modifikasinya. Anda juga dapat menentukan ukuran dan harga jualnya. Contohnya, jika saat ini Anda menjual dengan ukuran large atau pastel tutup berdiameter 30 cm, ternyata banyak pelanggan menginginkan ukuran small (diameter < 25 cm) atau mini (pastel dalam cup kecil), sebaiknya pertimbangkan hal ini. Akan lebih baik fokus pada penyediaan produk dengan ukuran yang paling banyak diinginkan pelanggan. Ukuran produk menentukan harga jual yang paling pas untuk ditawarkan. Tentukan harga jual yang paling pas bagi pelanggan. Dengan harga jual yang terjangkau, akan lebih mudah pada proses penjualan pastel tutup.

3. KEMBANGKAN LANGKAH PEMASARAN

Meski usaha Anda fokus hanya menerima pesanan saja, langkah pemasaran tetap harus dilakukan. Pemasaran adalah upaya untuk meningkatkan penjualan produk. Jika selama ini Anda hanya menjualnya pada kenalan dan lingkungan sekitar, tiba saatnya untuk ekspansi menjual ke segmen yang lebih luas. Anda harus mencari target pemasaran di luar itu. Contohnya, Anda dapat mengembangkan pemasaran dengan bekerja sama dengan toko kue atau cafe yang belum menjual pastel tutup. Mereka adalah target pemasaran selanjutnya, untuk membantu Anda menjangkau pasar lebih luas. Anda dapat menitipkan sample atau brosur, bahkan banner di toko itu untuk menerima pesanan. Selain cara tadi, langkah pemasaran di media sosial dan market place juga bisa Anda pelajari untuk meningkatkan pesanan.

Selamat mencoba, ya. Salam.

Wulan Ayodya adalah pendiri UKMKU, lembaga yang memberikan pelatihan wirausaha dan kursus keterampilan penunjang usaha. Latar belakangnya memang wirausaha. Usaha yang digeluti hingga kini adalah lembaga kursus, pompa bensin, dan berpartner dengan beberapa usaha lainnya. UKMKU sendiri telah berhasil mencetak banyak pengusaha baru yang eksis sampai saat ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.