Pastel Tutup, Makin Lezat Dengan Inovasi Isi & Toping Menarik

Dengan bahan utama kentang, pastel tutup memiliki cita rasa yang istimewa. Isi soun, wortel, jamur kuping, dan potongan daging ayam, bisa dikreasikan dengan bahan lezat lainnya. Bahkan sejumlah pengusaha kuliner berinovasi pada topingnya hingga kian menar

Saji - - Ide Cerdas -

WAH, ADA WAJAH DI ATAS PASTEL TUTUP! NELLY-MADAM’S SUGAR PASTUP Telp/WA: 0822 3408 4408 Instagram: @madamsugar

Kegemarannya menyantap pastel tutup (pastup), memberikan ide kepada Nellyana Hartono (32) untuk menjadikannya ladang bisnis di saat usianya mulai dewasa. Apalagi produsen pastel tutup di Surabaya kala itu belum banyak.

Berbekal resep keluarga, Nelly memulai bisnis pastup secara online sejak 6 tahun lalu, dengan merek Nelly-Madam’s Sugar Pastup. “Sejak kecil saya doyan banget pastup. Bentuknya unik, beda dengan pastel kebanyakan. Saya lalu punya ide untuk serius menjualnya,” ungkapnya.

Selama 6 tahun berbisnis pastup, diakuinya telah memberikan hasil memuaskan bagi kehidupannya. Tak hanya materi, kepuasan para konsumen kian memberi motivasi bagi Nelly untuk menciptakan kreasi pastup.

Semula, ia hanya menyediakan pastup polos tanpa toping. Seiring waktu, Nelly mulai mengembangkan ide dan berinovasi. Tepatnya, sejak 2 tahun lalu, Nelly mulai menciptakan pastup bertoping karakter animasi.

“Ada Mickey Mouse, Winnie The Pooh, dan lainnya. Pokoknya karekter kartun yang lucu,” imbuhnya. Bukan tanpa alasan Nelly menciptakan pastup bertoping karakter animasi. Selain ingin menciptakan pastup yang unik, Nelly juga ingin pastup bisa sejajar dengan cake.

“Pastup buatan saya bisa dijadikan kue ulang tahun, hadiah anniversary, antaran, atau buah tangan. Intinya, bisa menggantikan kedudukan cake,” ujarnya.

Berbagai inovasi terus diciptakan Nelly. Kini, Nelly menyediakan pastup bertoping wajah, sesuai pesanan. “Idenya muncul ketika ada konsumen minta dibuatkan pastup dengan toping wajah suaminya. Hasilnya, konsumen puas sekali. Sejak itulah saya mulai bikin pastup bertoping wajah, tanpa menghilangkan cita rasa khas pastup berbahan kentang,” jelasnya.

Isi pastupnya, Nelly mengombinasikan sosis, ayam, wortel, soun, dan kacang polong. Harga pastupnya bervariasi, tergantung ukuran dan toping. Ukurannya tersedia 15, 20, 24 cm hingga 30 x 40 cm. “Pastup ukuran 15 cm tanpa toping, harganya Rp 150 ribu. Pastup dengan toping karakter wajah, harganya mulai Rp300 ribu,” pungkasnya.

TOMAT, CABAI & ROTI JADI TOPING PASTEL TUTUP ESTER CULINARY Telp/WA: 0812 1700 0031 Intagram: @esterculinary

Berbekal resep dari ibu mertuanya, Ester Megawati (47) yang asli Surabaya ini

memproduksi pastel tutup dengan label Ester Culinary. Yang unik, pastel tutup buatan Ester memiliki toping menarik.

“Kebanyakan pastel tutup bentuknya monoton. Kalau tidak bulat, ya, kotak. Tak ada kreasinya. Maka, saya tambahkan kreasi di atas pastel tutup agar terlihat lebih menarik,” jelasnya.

Desain berbentuk buah-buahan, bunga, hingga abjad dipilih Ester sebagai toping pastel tutupnya. Tak heran bila penampilan pastup buatan Ester tak ubahnya cake, lengkap dengan hiasan menarik di atasnya.

“Saat ini, topingnya kebanyakan dibuat berdasarkan permintaan pelanggan. Mereka pesan biasanya untuk antaran, buah tangan ke klien, atau dijadikan birthday cake,” jelasnya.

Agar cita rasanya tetap sesuai, Ester memilih bahan-bahan pilihan sebagai topingnya. “Pastel tutup, kan, bahan dasarnya kentang. Jadi saya pilih bahan makanan juga untuk topingnya. Seperti tomat, cabai merah, dan seledri untuk dibentuk jadi buah-buahan atau bunga. Sedangkan toping abjad, saya pilih roti tawar sebagai fondasinya,” imbuh Ester.

Seperti pastel tutup pada umumnya, Ester juga menggunakan beragam bahan untuk isinya. Yakni sosis asap, sosis sopini, ayam, udang, telur, dan lidah asap. Sedang untuk sayurannya ada kacang polong, jamur kuping, dan wortel, serta soun.

“Ciri khas pastup saya, isinya lebih banyak dagingnya. Kualitas isi inilah yang saya pertahankan sampai sekarang,” tukasnya. Untuk pastel tutup ukuran 19 cm, Ester membanderol harga Rp 175 ribu. Dan pastel tutup ukuran 24 cm, harganya Rp 275 ribu.

Soal daya tahan masa konsumsinya, kata Ester, bisa bertahan hingga 1 bulan untuk penyimpanan dalam freezer. “Kalau disimpan di dalam lemari es biasa, hanya tahan hingga 3 hari,” pungkasnya.

PASTEL TUTUP BERTABUR KENTANG KRISPI BING ME Telp/WA: 0811 175 228 Instagram: @bingmebingme Facebook: Bingme

Kegemaran anak semata wayangnya terhadap olahan kentang, rupanya menjadi inspirasi awal Rini Puspita Irawati, untuk memulai usaha pastel tutup. Uniknya, pastel tutup yang dipasarkan via akun instagram @bingmebingme ini, bertoping keripik kentang.

“Agar ada tekstur renyahnya, pada permukaan pastel tutup tradisional biasanya dibuat garis memanjang menggunakan garpu. Saya coba terapkan cara itu, tapi hasilnya kurang enak. Saya lalu berinovasi menaburkan potato chips sebagai toping. Ternyata hasilnya enak,” ujar Rini yang mengadaptasi shepherd pie dari Inggris untuk pastel tutupnya.

Isi pastep tutupnya pun bukan berupa ragout, melainkan tumisan daging cincang dengan tambahan kacang polong, irisan wortel, dan jamur kancing. “Bumbu yang saya gunakan juga cukup sederhana. Hanya garam, lada, dan gula saja, tanpa msg,” sambungnya.

Setelah diberi isi, bagian atas pastel ditutup puree kentang bertekstur lembut yang dicampur butter, keju parut, dan susu full cream cair. Sebagai topingnya, parutan keju cheddar plus keripik kentang.

Pastel tutup kreasinya memiliki tekstur renyah. Rini memanggangnya dengan temperatur 180 derajat Celsius selama 1 jam. Tekstur kering ini membuat pastel tutup Rini jadi lebih tahan lama, terutama jika disimpan dalam kulkas.

Ada 4 ukuran pastel tutup yang ditawarkan Rini. Ukuran 20x20 cm dan 20x30 cm, harganya Rp 150 ribu dan Rp 210 ribu. Ukuran loyang 5x6 cm, dibanderol Rp 60 ribu dan loyang bulat diameter 8 cm, harganya Rp 27,5 ribu. “Untuk ukuran 5x6 cm, minimal pesanan 2 loyang. Untuk yang diameter 8 cm, minimal ordernya 5 loyang,” imbuh Rini yang mulai membuka usaha pada Februari 2017.

LEZATNYA PATEL TUTUP DALAM CUP TRIPLE COMBO Jl. Pangrango No. 25, Bogor Cabang: Hotel Salak Bogor Telp: 0251-478 7000 Website: snack-triplecombo.com

Pastel tutup yang ditawarkan toko kue Klappertaart Huize yang berada Bogor tak kalah unik. Apalagi pastel tutup merupakan salah satu unggulan toko ini, yang termasuk ke dalam paket Triple Combo. Dua produk lainnya dari Triple Combo adalah macaroni schotel dan klappertart. Pastel tutup dalam paket Triple Combo dikemas dalam wadah cup berbahan alumunium foil, sebagai cetakan pastel. Wadah ini pada bagian dasarnya diberi isi tumisan wortel, soun, jamur, ayam, dan sosis sapi, serta susu cair agar rasanya lebih gurih. Bahan isi ini diletakkan di bagian dasar wadah cup lalu bagian atasnya ditutup adonan kentang kukus yang dihaluskan. Sebagai sentuhan akhir, ditambahkan motif kulit menggunakan spuit dari bahan kentang kukus yang sama. Pastel tutup lalu dipanggang matang. Rasanya luar biasa enak. Kentangnya terasa lembut sekaligus renyah. Untuk menikmatinya tentu saja perlu menggunakan sendok guna menggapai isi pastel yang terletak di dasar cup. Ternyata, adonan kulitnya terbuat dari kentang yang dikukus selama 4 jam lalu dihaluskan, sehingga teksturnya lembut di dalam namun renyah di luar. Inilah yang membuat kulit pastel tutupnya terasa istimewa, baik tekstur maupun rasanya. Pastel tutup dalam cup ini bisa dinikmati dengan saus sambal agar semakin lezat. Pastel tutup ditawarkan dalam beberapa jenis ukuran cup, yakni diameter 6, 10, 12, hingga 14 cm. Harganya mulai Rp 15.500 per cup. Uniknya, Sajiers bisa membuat kemasan spesial seperti foto pribadi atau ucapan khusus untuk acara tertentu yang membungkus label luar kemasan pastel tutupnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.