Irisan Jengkol Krispi Berbalut Bumbu Pedas & Gurih

Bagi penyuka olahan jengkol, pasti akan langsung terpincut saat mencicipi renyahnya irisan jengkol krispi buatan Ninuk Ningrum Soekarno yang tinggal di Bandung. Selain krispi, jengkolnya ada yang diberi bumbu balado, pedas, atau gurih. Selain untuk lauk,

Saji - - Ide Cerdas - TEKS INTAN yS | fOTO dOK. PRIBAdI | VISUAL MIcHAEL W.A.

Berawal dari penyakit diabetes yang dideritanya, Ninuk Ningrum Soekarno (40) atau akrab di sapa Mbak Inu, justru menemukan ide untuk berjualan jengkol krispi. “Saya punya penyakit gula. Dari orang-orang, saya dapat info bahwa jengkol bisa menurunkan kadar gula darah,” kisahnya.

Demi mengobati penyakitnya, Inu lantas membeli jengkol di pasar. Ternyata jengkol yang ia beli terlalu banyak. “Saya berpikir, bagaimana caranya bisa menghabiskan jengkol yang saya beli. Kalau hanya diolah jadi semur atau balado saja, lama-lama bosan dan harus dimakan dengan nasi. Akhirnya saya punya ide mengiris tipis jengkol dan digoreng garing supaya bisa dijadikan camilan,” paparnya.

Semula Inu hanya memberi bumbu garam saja pada jengkol goreng renyahnya. Agar tak bosan, ia mulai memberi bumbu lain, seperti menambahkan kaldu jamur untuk mendapatkan rasa gurih, serta bumbu balado untuk varian rasa pedas.

“Setelah dicoba ternyata enak juga. Iseng-iseng saya tawarkan jengkol krispi ini melalui media sosial Facebook dan Instagram. Eh, ternyata banyak yang berminat beli. Ya, sudah akhirnya saya seriusi dan mulai pakai merek Jeng-Py Mba Inu, akronim dari jengkol crispy buatan saya,” kata Inu yang mulai berjualan jengkol krispi sejak 6 bulan lalu.

JENGKOL PILIHAN

Untuk mendapatkan jengkol yang renyah, Inu memilih jengkol yang sudah tua dan mulus. Sebelum digoreng, jengkol direbus lalu dipresto selama 30 menit. Jengkol krispi baru dibumbui setelah digoreng garing menggunakan wajan khusus yang bisa meniriskan minyak. Hasilnya, jengkol krispinya tak lagi beraroma khas dan super renyah.

Dalam sehari, Inu memproduksi 10 kg jengkol yang menghasilkan sekitar 5 kg jengkol krispi usai diolah. “Setara dengan 20-21 kemasan per hari produksinya,” imbuh Inu. Harga jual Jeng-Py Mba Inu dalam kemasan mangkuk plastik ukuran 200 ml, Rp 15 ribu.

Meski masih baru, penjualan Jeng-Py Mba Inu sudah tersebar hingga ke luar Bandung, seperti Jakarta, Depok, Bogor, Semarang, Jambi, dan Serang. “Kalau disimpan dalam wadah tertutup, renyahnya bisa tahan sampai 1 bulan,” pungkas Inu sambil mengatakan, pesanan selama bulan Ramadan meningkat tajam dibandingkan hari biasa.

JENG-PY MBA INU, BANDUNG Telp/WA: 0853 1405 6658 Facebook: Ninuk Ningrum Soekarno Instagram: @jeng_py.mbainu

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.