SENSASI RASA AYAM GORENG GARING

Jl. Pasar 7 (depan Amal Bakti), Tembung / Telp: 0812 6384 6934

Saji - - Pelesir -

Meski sama-sama bernama mi sop, namun yang dinamakan mi sop ayam bacok agak berbeda. Mi sop ayam bacok menggunakan daging bertulang yang sudah digoreng hingga garing. Sementara mi sop pada umumnya menggunakan daging ayam suir.

Oleh karena perbedaan yang cukup mencolok ini, kedai Mie Sop Ayam Bacok Mbak Ria yang mulai beroperasi sejak 3 tahun lalu, langsung diserbu pembeli. Hingga saat ini, kedainya tak pernahs epi pembeli. Mi sop ayam bacok memiliki rasa kaldu yang sungguh lezat. Terasa gurih dengan bumbu yang cukup kuat. “Kuahnya saya buat dari rebusan daging ayam, ditambah bumbu rempah sehingga kuahnya terasa kuat, gurih, dan harum,” papar Ria, sang pemilik kedai.

Daging ayam yang sudah matang direbus lalu diangkat. Selanjutnya, ayam digoreng sampai garing dan dipotongpotong saat mi sop akan disajikan. “Saya goreng ayamnya lebih garing. Jadi, harus dibacok (dipotong), bukan di suwir,” imbuhnya, menjelaskan asal nama kedainya.

Mi sopnya bisa memilih antara mi kuning, bihun, atau kwetiau. Mi yang sudah di tata di atas mangkuk lalu disiram kuah gurih, disertai taburan daun bawang, bawang goreng, dan potongan ayam goreng garing. Per porsi mi sopnya Rp 10 Ribu.

Selain mi sop, Ria juga menyediakan menu ayam penyet dan sate kerang yang dibuatnya sendiri. “Semula, saya memang terlebih dulu berjualan sate kerang di Tanjung Balai,” ujarnya. Satenya menggunakan bumbu rendang tanpa santan. “Agar lebih tahan lama. Kalau pakai santan, khawatir mudah basi,” tuturnya lagi. Per tusuk sate kerangnya Rp 3 ribu. Mie Sop Ayam Bacok Mbak Ria buka pukul 11.00 WIB hingga malam hari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.