JAWABAN:

Saji - - Peluang Usaha -

Dear Ibu Irma, Konsep kafe mini sebagai usaha dengan memanfaatkan lahan di depan rumah merupakan langkah cerdas sebelum memulai usaha. Dengan memanfaatkan lahan rumah yang selama ini kurang produktif, akan memberikan hasil lebih bagi Anda. Selain itu, dari sisi perhitungan modal usaha akan lebih meringankan bila tempat usaha menggunakan lahan sendiri.

Memang akan lebih baik jika lokasi diperhitungkan juga sebagai modal usaha. Namun Anda akan lebih ringan karena tak perlu mengeluarkan sejumlah uang besar di awal usaha untuk menyewa atau membeli lokasi.

Kafe mini yang rencananya menyediakan menu minuman kopi dan teh, serta menu andalan cakwe kekinian memiliki peluang untuk disukai banyak pelanggan. Namun untuk sukses, tentu banyak faktor yang memengaruhinya. Seperti lokasi, harga jual, rasa produk, langkah promosi, jumlah biaya

operasional bulanan, dan faktor lainnya.

Untuk itu, perlu melakukan rencana bisnis atau business plan dengan baik agar usaha sesuai harapan. Salah satu rencana bisnis yang perlu dilakukan adalah melakukan persiapan kebutuhan atau peralatan usaha. Dalam usaha kafe secara umum, kebutuhan peralatannya adalah peralatan masak, peralatan makan, dan peralatan penjualan.

Peralatan masak bisa berupa mesin pembuat kopi, kompor, alat menggoreng cakwe dan sebagainya. Untuk peralatan makan di antaranya piring, cangkir, sendok garpu, dan sebagainya. Dan untuk peralatan penjualan bisa berupa meja kursi, alat pajang, dan sebagainya.

Agar efisien sesuai keinginan Anda, tentu perlu melakukan rencana tahapan agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan. Seperti kelebihan pembelian peralatan, jenis barang yang sudah dibeli tak cocok, dan kendala lain yang mengakibatkan tidak efisien dalam penyediaan dan jumlah modal usahanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.