Berikut ini adalah beberapa masukan agar penyediaan peralatan usaha dapat efisien:

Saji - - Peluang Usaha -

Membuat Lay out kafe

Lay out kurang lebih seperti rancangan tata letak di sebuah lokasi atau tempat. Anda mulai merancang kafe dengan menggambar luas kafe dengan skala yang diperkecil. Kemudian Anda dapat merancang tata letak peralatan, dari alat masak dan peralatan penjualan. Pastikan pembuatan lay out disertai ukuran besarnya peralatan. Contohnya ukuran meja kursi, ukuran meja display, lemari penyimpanan dan sebagainya.

2. Melakukan Simulasi operasional

Setelah merancang lay out atau tata letak peralatan, agar rancangan lebih sempurna Anda dapat melakukan simulasi di lokasi. Simulasi yang dilakukan lebih ke operasional kafe sehari-hari. Dari pelanggan datang, melakukan proses pemesanan, pengolahan minuman dan makanan, sampai pada penyajian.

Dengan simulasi ini, akan terlihat bahwa ternyata tata letak ini sudah membuat kerja menjadi mudah atau tidak. Dengan melakukan simulasi, bisa terlihat apakah letak peralatan terlalu sempit atau bahkan telalu lebar, mengganggu atau tidak, dan sebagainya.

3. Mencatat dan Mempersiapkan kebutuhan Peralatan

Setelah melakukan simulasi dan semua dirasa sudah tepat tata letaknya, selanjutnya Anda dapat mencatat dan mempersiapkan catatan kebutuhan peralatan. Catatan kebutuhan alat melingkupi nama alat, merek, ukuran, dan jumlah alat yang dibutuhkan, sehingga meminimalisasi risiko pembelian ukuran alat yang salah, sekaligus kelebihan jumlah alat yang dibeli. Semoga dapat lebih efisien. Salam.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.