CAKWE BERSAUS ALA KOREA

Saji - - Inspirasi -

Dapur NyoNya Gek eaT Bro Wa/SMS : 082111031150 / 081210331051 Instagram: @dapurnyonyagek

Cakwe ala Dapur Nyonya Gek sungguh unik. Pasalnya, saus yang dihadirkan mengusung cita rasa ala berbagai negara. Salah satu yang jadi favorit adalah saus kimchi gochujang ala Korea. Pilihan saus ala Korea ini sengaja dihadirkan karena sang pemilik, Johan Fredy Endra, amat gemar dengan kuliner khas negeri gingseng.

Johan menuturkan, sausnya menggunakan air kaldu kimchi buatan sendiri. Lalu dicampur gochujang (pasta cabai Korea), madu, bawang putih, minyak wijen, serta biji wijen. Agar cita rasa Korea semakin kuat terasa, ia menambahkan kimchi yang telah diiris kecil-kecil ke dalam sausnya. Kimchi yang digunakan merupakan olahannya sendiri. “Sawi putih yang dibuat untuk kimchi, minimal harus sudah difermentasikan selama 3 minggu. Jadi rasa asamnya tetap ada, tapi tak terlalu kuat,” ungkapnya.

Bukan cuma diberi bumbu ala Korea, cakwe buatan Johan masih dipadukan saus pedas manis ala Thailand, saus barbeque yang identik dengan Amerika, hingga bumbu kacang khas Indonesia. Cakwe sendiri diberi isi adonan ayam dan udang giling.

Untuk penyajiannya, cakwe yang telah dipotong-potong ditaruh dalam wadah kertas bulat. Potongan cakwe per porsinya cukup banyak, tak kurang dari 25 potong. Sausnya ditaruh dalam plastik bening terpisah. Johan pun menyediakan tusuk sate yang terpasang bendera tiap-tiap negara untuk menandakan varian sausnya dan memudahkan menyantap cakwe.

Harga seporsi cakwenya Rp 25 ribu. Per minggu, Johan menerima pesanan hingga 60 porsi cakwe. Ke depannya, Johan berencana menambah varian saus teriyaki ala Jepang. “Saat ini saya masih uji coba untuk mendapatkan formula rasa saus teriyaki yang enak,” tutupnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.