Jenis Lain Susu:

Saji - - Tentang Susu -

SUSU KENTAL MANIS

Susu kental manis adalah hasil dari susu murni atau susu evaporated yang telah dipekatkan dengan cara menguapkan sebagian airnya dan diberi tambahan gula sebagai pengawet. Susu dipanaskan pada suhu 65-95 derajat Celsius selama 10-15 menit, bertujuan untuk menstabilkan susu selama penyimpanan dan membunuh bakteri patogen. Selanjutnya, susu ditambahkan gula sampai konsentrasinya mencapai 62,5 persen. Susu diuapkan menggunakan evaporator vakum hingga kadarnya mencapai 70-80 persen padatan dan 20-30 persen kadar air.

SUSU EVAPORATED

Teknik pemanasan susunya menggunakan pompa vakum, untuk menghasilkan sekitar 60 persen kadar air. Selain teknik menghilangkan kadar airnya, ada pula penambahan vitamin D pada susu. Susu akan dipanaskan pada suhu 115,5 – 118,5 derajat Celsius selama 15 menit untuk proses sterilisasi.

YOGHURT

Susu yang diolah dengan tambahan enzim atau mikroba. Susu dipanaskan sampai suhu 90 derajat Celsius selama 1 jam, sambil terus diaduk agar proteinnya tak menggumpal. Susu lalu didinginkan di suhu 37-45 derajat Celsius dalam wadah tertutup dan ditambahkan mikroba sejumlah 50-60 ml per liter susu. Selanjutnya susu disimpan di ruangan hangat 30-40 derajat Celsius di dalam wadah tertutup selama 3 hari. Pada tahap filtrasi, dilakukan memisahkan bagian padat dan cair. Bagian padat inilah yang siap dikonsumsi menjadi yoghurt.

SUSU BUBUK

Susu diolah dengan cara dikeringkan menggunakan spray dryer atau roller dryer, sehingga menjadi susu bubuk yang kering dan halus. Daya tahan susu bubuk lebih lama dibandingkan jenis susu lain karena memiliki kadar air sangat rendah.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.